Senin, 22 September 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
                                                                                                                 Karya Tulis Ilmiah, Juni 2014
 
Abstrak  
Syukron Wilda Akhsani (syukron_wa@yahoo.co.id)
HUBUNGAN PEWADAHAN SAMPAH DENGAN KEPADATAN LALAT DI RUMAH MAKAN SOTO SOKARJA TAHUN 2014
XVI +  52 halaman: narasi, gambar, tabel, lampiran 

Rumah makan adalah tempat umum yang dikunjungi banyak orang, yang memungkinkan terjadinya penularan penyakit, maka persyaratan sanitasi harus dilakukan dengan baik. Persyaratan sanitasi dalam upaya mencegah penularan penyakit antara lain, pengendalian vektor dengan penanganan pewadahan sampah. Penanganan pewadahan ini sangat penting, karena  dengan penanganan pewadahan yang baik, maka dimungkinkan akan meminimalkan jumlah lalat yang hinggap di wadah tersebut, dengan demikian risiko penyebaran penyakit oleh vektor lalat semakin rendah.
Jenis penelitian analitik inferensial, yaitu untuk mengetahui hubungan tindakan penanganan pewadahan sampah dengan kepadatan lalat.
Hasil pengamatan 7 dari 11 rumah makan, pewadahan sampahnya kurang baik dan 4 rumah makan kondisi pewadahannya dikategorikan cukup. Tingkat kepadatan lalat menunjukkan tingkat kepadatan yang mendominasi adalah tingkat sedang, rata-rata kepadatan 3 ekor/blockgrill. Dari uji statistika didapatkan nilai p menunjukkan lebih kecil dari nilai signifikasi (α) yaitu p = 0,00198< 0,05.  Terdapat hubungan antara pewadahan sampah dengan kepadatan lalat di rumah makan soto Sokaraja. Para pengelola rumah makan sebaiknya memperhatikan kondisi pewadahan sampah agar kondisinya selalu bersih dan dapat menampung sampah dengan baik, lebih intensif dalam melakukan pengawasan terhadap kepadatan lalat yang berada di rumah makan.

Daftar bacaan : 12 (1986-2011)
Kata kunci      : Pewadahan sampah, kepadatan lalat.
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar