Senin, 01 September 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
                                                                                                              Karya Tulis Ilmiah, 03 Juli 2014

Abstrak
Candra Adiyanto ( candra.adiyanto1993@gmail.com)
DESKRIPSI SANITASI PONDOK PESANTREN ANWARUSH SHOLIHIN KELURAHAN TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS  
xv + 64 halaman, tabel, gambar, lampiran

Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Agama Islam, yang dalam kegiatannya mengembangkan fungsi peningkatan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT, pengembangan keilmuan yang manfaat, dan pengabdian terhadap agama islam, masyarakat, dan negara. Berdasarkan survey yang peneliti lakukan di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin ditemukan aspek sanitasi lingkungan yang belum memenuhi syarat. Tujuan penelitian di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin untuk mengetahui lebih lanjut keadaan sanitasi di lingkungan pondok pesantren.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan melakukan pengamatan, pengukuran dan wawancara. Hasil dimasukan dalam bentuk narasi dan tabel, kemudian di analisis dan dibandingkan dengan peraturan yang ada.
Hasil penelitian Sanitasi Pondok Pesantren Anwarush Sholihin termasuk dalam kategori cukup dengan presentase 68%. Kondisi lingkungan dan bangunan terawat, dilengkapi pagar, tata ruang dan penggunaannya sesuai dengan fungsinya. Kamar atau ruang bersih, permukaan bagian dalam  mudah dibersihkan, kepadatan hunian 1,51 m2 per orang, pencahayaan siang 78,36 lux dan malam 15,90 lux, kelembaban 59,40%, suhu 29,25oC, penghawaan 2,70%. Kandungan coliform air bersih 33 MPN/100 ml. Perilaku Hidup Bersih Sehat Pengasuh sudah baik dengan presentase 90%, Perilaku Hidup Bersih Sehat Santri berjumlah 8 orang sudah cukup baik dengan presentase 57,14% dan 6 orang kurang baik dengan presentase 42,86%.
Kesimpulan Sanitasi Pondok Pesantren Anwarush Sholihin termasuk dalam kategori cukup baik, tetapi masih ada beberapa komponen yang belum memenuhi syarat yaitu masih banyak sampah bersrakan di halaman pondok pesantren , kepadatan penghuni, pencahayaan malam, pembuangan air limbah, sarana air bersih. Adapun saran, yaitu penambahan kamar, penambahan lubang penghawaan atau pemberian penghawaan mekanik, penambahan penerangan, pemberian klor pada air bersih.
 
Daftar bacaan : 17 (1981-2014)
Kata kunci      : Sanitasi Pondok Pesantren
Klasifikasi      :
Fulltext

1 komentar: