Selasa, 09 Februari 2016

Kementerian Kesehatan Repubik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang  
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto  
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010 


Abstrak  
Arif Fajar Rachmawan (arif_refa@yahoo.co.id) 
TINJAUAN TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI TERMINAL BUS PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2010 
ix + 74 halaman, tabel, lampiran, gambar  

Terminal Bus Purwokerto merupakan Terminal Bus Type A. Berdasarkan pengamatan sekilas peneliti, tentang penanganan sampah di Terminal Bus Purwokerto belum dikelola dengan baik, terlihat dengan adanya sampah yang beserakan dan tidak ada pemisahan sampah organik dan anorganik. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian di Terminal Bus Purwokerto dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang sistem pengelolaan sampah di Terminal Bus Purwokerto. 
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Untuk memperoleh gambaran tentang aspek manajemen dan aspek teknis operasional pengelolaan sampah di Terminal Bus Purwokerto, peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara dengan Kepala Terminal Bus Purwokerto, tenaga kebersihan dan beberapa pedagang serta melakukan pengukuran terhadap volume penimbulan sampah selama 6 hari. 
Terminal Bus Purwokerto merupakan terminal bus milik Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas yang ada di wilayah Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas dengan luas keseluruhan 120. 000,00 m2 yang terdiri dari luas bangunan seluas 9. 276, 48 m2. Aktivitas di terminal bus berlangsung selama 24 jam nonstop dengan jumlah karyawan sebanyak 81 orang, jumlah pedagang sebanyak 183 pedagang dan jumlah pengunjung rata – rata per harinya sebanyak 5000 orang serta menghasilkan volume sampah sebanyak 16, 09 m3/ hari. Simpulan dari hasil penelitian adalah sistem pengelolaan sampah masih terdapat beberapa masalah seperti tempat sampah yang kurang memenuhi persyaratan aspek teknis dan penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) hanya sepatu boot saja. Oleh karena itu, disarankan kepada pihak pengelola terminal bus untuk menyediakan tempat sampah yang memenuhi persyaratan aspek teknis dan menyediakan APD untuk  tenaga kebersihan dengan tujuan dapat meminimalisir kecelakaan kerja.  

Daftar bacaan : 17 (1981 – 2009) 
Kata kunci      : Sistem pengelolaan sampah 
Klasifikasi      : -  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar