Selasa, 02 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan  
Program Studi D III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2009


ABSTRAK 
Eko Agus Waluyo 
TINJAUAN SANITASI PENGELOLAAN LINEN DI RUMAH SAKIT UMUM HIDAYAH PURWOKERTO TAHUN 2009 
xii + 55 halaman: gambar, tabel dan lampiran 

Linen kotor merupakan salah satu sumber kontaminasi yang ada di Rumah Sakit. Jika penanganan linen dilakukan secara tidak baik, maka dapatbmenyebabkan penyebaran penyakit dari pasien ke pasien, dari pasien ke pengunjung, ataupun dari pasien ke petugas Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan sanitasi, proses pengumpulan linen, cara sterilisasi, pencucian linen, pendistribusian linen, dan penggunaan linen. 
Penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yaitu dengan cara membandingkan hasil penelitian yang dilakukan  dengan teori dan peraturan yang berlau yaitu KepMenkes RI Nomor 1204/menkes/SK/X/2004. 
Hasil yang diperoleh dapat dilihat bahwa sanitasi pengelolaan linen di Rumah Sakit Umum Hidayah Purwokerto sudah cukup baik dengan 68 item pertanyaan  yang dilakukan dan mendapat hasil dengan nilai 61%.  Berdasarkan hasil penelitian , kesimpulan yang dapat saya ambil bahwa sanitasi di Rumah Sakit Umum Hidayah Purwokerto sudah cukup baik dan saran yang dapat saya sampaikan adalah, hendaknya upaya yang dapat dilakukan  dengan meningkatkan lagi sanitasi pengelolaan linen dan upaya pencegahan kontaminasidan penanggulangan yang dilakukan dari mulai pengumpulan linen sampai pendistribusian, dan pada tenaga atau pengelola linen dalam penggunaan Alat Pelidung Diri yang baik dan benar menurut syarat kesehatan.  

Daftar bacaan    : 11 (1987-2008)
Kata kunci         :  Sanitasi Pengelolaan Linen -  
Klasifikasi  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar