Rabu, 03 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2009  


Abstrak  
Yesica Ledy 
STUDI TENTANG SIKAP KERJA DUDUK PENGEMUDI KOBELCO DENGAN KELUHAN PINGGANG DI PT. TAMBANG BATUBARA BUKIT ASAM (PERSERO)TBK. TANJUNG ENIM TAHUN 2009 
XVII + 52 halaman + tabel + gambar + lampiran   

Penelitian ini berjudul  Studi Tentang Sikap Kerja Duduk Pengemudi Kobelco Dengan Keluhan Pinggang Di PT. Tambang Batubara Bukit Asam (Persero)Tbk. Tanjung Enim Tahun 2009. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui sikap kerja duduk pengemudi kobelco, gambaran antropometri pengemudi, jenis keluhan yang dialami pengemudi dan upaya pencegahan terhadap keluhan dominan yang dialami oleh pengemudi kobelco.  
Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Penelitian dilaksanakan 01 April 2009 sampai 30 April 2009. data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan pengukuran. 
Hasil penelitian menunjukkan beberapa bagian tempat duduk pengemudi kobelco sudah sesuai dengan antropometri pengemudi yang menggunakannya. Diketahui bahwa timbulnya sikap duduk yang kurang benar, diakibatkan posisi tubuh pengemudi saat mengemudi kurang benar, dan mengakibatkan keluhan yang dialami yaitu kesemutan, pegal  pegal pada bagian pinggang. 
Agar tidak timbul sikap duduk yang salah dan keluhan pada bagian  bagian tubuh pengemudi kobelco, maka pada waktu bekerja diusahakan agar bersikap secara alamiah dan bergerak optimal dengan menggunakan waktu istirahat dengan efisien.   

Daftar Bacaan : 8 (1990-2006) 
Kata Kunci      : Sikap Kerja Duduk Pengemudi, Keluhan Pinggang 
Klasifikasi        : −
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar