Rabu, 03 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2009   

Abstrak  
Yayi Nur Hudaningrum 
Studi penggunaan alat pelindung diri pada pekerja di ruang produksi PT Industri Sandang Nusantara (Persero) Patal Cilacap Tahun 2009. 
xvii+ 44 halaman : gambar, tabel, lampiran  

Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) dengan cara yang benar merupakan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. PT Industri Sandang Nusantara (Persero) Patal Cilacap yang bergerak di bidang pemintalan, dalam operasionalnya menggunakan mesin-mesin pemintal yang dapat menimbulkan kecelakaan akibat kerja, maka dipelukan penggunaan APD. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis APD, jumlah APD, kondisi APD, kesesuaian APD, pengawasan penggunaan APD pada pekerja di ruang produksi PT Industri Sandang Nusantara (Persero) Patal Cilacap. 
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu dengan menggambarkan keadaan penggunaan alat pelindung diri pada PT Industri Sandang Nusantara (Persero) Patal Cilacap. Subyek penelitian adalah alat pelindung diri pada pekerja di ruang Produksi PT Industri Sandang Nusantara (Persero) Patal Cilacap. Jumlah pekerja yang dijadikan responden yaitu pada shiff pertama (I) yang berjumlah 64 orang dari dua pabrik yaitu pabrik CP.1 dan pabrik CP.2. cara pengumpulan data yaitu wawancara kepada para pekerja dan observasi. Jenis APD yang disediakan yaitu pakaian kerja, sepatu kerja, masker, topi kerja, dan alat pelindung telinga. Masing-masing APD berjumlah 64 buah dan disediakan untuk semua para pekerja yang ada di ruang produksi. Semua jenis APD yang disediakan dalam kondisi baik. APD yang disediakan sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan oleh para pekerja. Pengawasan penggunaan APD dilakukan oleh kepala shiff atau mandor. 
Simpulan dari penelitian ini adalah jenis APD yang disediakan sudah sesuai dengan jenis pekerjaan dan jumlah tenaga kerja, APD dalam keadaan baik, pengawasan dilakukan oleh mandor. Saran bagi perusahaan agar diperoleh hasil yang lebih obyektif perlu pengawasan dilakukan oleh instansi diluar perusahaan misal Departemen Tenaga Kerja. Bagi pekerja untuk selalu memakai APD dan menjaga APD dengan baik serta berhati-hati dalam bekerja. 

Daftar bacaan   : 8 (1994-2006) 
Kata kunci        : APD-Industri Patal Cilacap 
Klasifikasi        : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar