Selasa, 02 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, 3 Agustus 2009  

ABSTRAK  
Devi Firstamira Erryani 
HUBUNGAN SANITASI JAMBAN DAN PERILAKU PENDUDUK DALAM MEMBUANG TINJA DENGAN PENCEMARAN TANAH OLEH TELUR CACING NEMATODA USUS DI DESA BANJARSARI KULON KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2009 
xv+40, halaman, gambar, tabel, lampiran  

Tanah merupakan tempat manusia hidup dan beraktivitas, tidak jauh berbeda dengan air dan udara tanah pun dapat tercemar. Salah satu pencemar tanah adalah telur nematoda usus yang tergolong Soil Transmitted Helminthes. Sanitasi jamban dan perilaku penduduk dalam membuang tinja diindikasikan berpengaruh terhadap terjadinya pencemaran tanah oleh telur nematoda usus. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sanitasi jamban dan perilaku penduduk dalam membuang tinja dengan pencemaran tanah oleh telur nematoda usus di Desa Banjarsari Kulon Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasi dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi penelitian sebanyak 716 rumah dan dengan sampel sejumlah 107 rumah. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Data diperoleh dari kegiatan wawancara, observasi, serta pemeriksaan sampel tanah di laboratorium. Sampel tanah yang diperiksa diambil dari tanah di sekitar rumah penduduk yang telah dipilih sebagai sampel. Penelitian yang telah dilaksanakan memberikan hasil 31,6 % jamban memenuhi syarat dan 68,4 % jamban tidak memenuhi syarat, sebanyak 35,5 % perilaku baik dan 64,5 % perilaku tidak baik. Ditemukan telur nematoda usus pada sampel tanah yang berarti terjadi pencemaran tanah oleh telur nematoda. 
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa tidak  terdapat hubungan antara sanitasi jamban dengan pencemaran tanah oleh telur nematoda usus dan terdapat hubungan antara perilaku penduduk dalam membuang tinja dengan pencemaran tanah oleh telur nematoda usus di Desa Banjarsari Kulon Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Saran yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pencemaran tanah oleh telur nematoda usus dapat dilakukan dengan penyuluhan terhadap penduduk tentang pemeliharaan lingkungan sehat dan pembangunan jamban keluarga. 

Daftar bacaan : (1989-2004) 
Kata kunci      : Pencemaran Tanah Oleh Telur Nematoda Usus 
Klasifikasi      : - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar