Selasa, 02 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2008  

  
ABSTRAK   
Cukup Sugianto 
STUDI TENTANG PENCAHAYAAN RUANG PRODUKSI YAINA DONAT DI KELURAHAN MUNJUL KECAMATAN MAJALENGKA KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2008 
xiii + 30 halaman : gambar, tabel, lampiran  

Yaina Donat yang beralamat di Kelurahan Munjul RT 01/RW 01  Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. Industri rumah tangga  yang dikelola oleh swasta, dalam setiap harinya melibatkan 10 karyawan di bagi dalam dua ruangan yaitu Ruang produksi A dan ruang produksi B. Masing-masing Ruang produksi tersebut sudah dilakukan pengukuran intensitas cahaya oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka pada tahun 2005 dengan hasil pengukuran untuk ruang produksi A intensitas cahaya adalah 9,2 lux dan untuk ruang produksi B intensitas cahaya  adalah 40,6 lux. Menurut Peraturan  Menteri Perburuhan No. 7 Tahun 1964 pasal 14 ayat 5 yang menyebutkan bahwa intensitas cahaya ruang produksi minimal 100 lux, sehingga Ruang produksi belum memenuhi syarat kesehatan lingkungan tempat kerja.  
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian diskriptif. Pengumpulan data diperoleh di loakasi penelitian dengan cara observasi, wawancara, dan pengukuran yang kemudian dilakukan pengolahan data. Hasil pengukuran intensitas pencahayaan di ruang produksi Yaina Donat untuk pencahayaan alami 54,27 lux dan gangguan yang dialami oleh pekerja adalah mata menjadi cepat lelah, mengalami sakit kepala dan penurunan konsentrasi. 
Peneliti menyimpulkan bahwa intensitas pencahayaan alami pada ruang produksi Yaina Donat belum memenuhi standar yang berlaku. Saran yang bisa dilakukan dengan cara memperbaiki posisi tempat kerja yang membutuhkan pencahayaan lebih, mengecat ulang bagian dinding-dinding ruang produksi dan menerapkan jam istirahat yang sesuai dengan kebutuhan pekerja.  
  
Daftar bacaan  : 11 (1964 - 2008) 
Kata kunci       : Pencahayaan dan ruang produksi 
Klasifikasi       :  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar