Selasa, 09 Februari 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2013

Abstrak  
Alvian Yuneko Legowo (yunekoalvian@yahoo.com) 
EVALUASI INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DI PT WANA MAKMUR SEJAHTERA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2013
XV + 81 halaman: gambar, tabel, lampiran  

PT.Wana Makmur Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan kayu lapis. Industri tersebut memiliki instalasi pengolahan air limbah yang dalam pengolahannya masih menghasilkan BOD, COD, pH, Amonia  yang tidak memenuhi syarat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kinerja Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang ada. Dengan mengetahui kinerja dari Instalasi Pengolahan Air Limbah maka dapat diketahui apakah IPAL yang ada berfungsi dengan baik dan kualitas dari air limbah yang dibuang ke badan air memenuhi syarat atau tidak berdasarkan Perda Prop. Jateng No. 05 tahun 2012 Tentang Baku Mutu Air Limbah. 
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian observasional dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data lapangan dan laboratorium yang dianalisis kemudian dibandingkan dengan peraturan yang berlaku. 
Hasil penelitian menunjukan bahwa Instalasi Pengolahan Air Limbah hanya mengalirkan air limbah dari bak satu ke bak berikutnya. Debit air limbah yang diolah adalah 2,25 m3/hari. Kualitas effluent yaitu Suhu 25,4 °C, Warna 29 TCU, Bau air limbah berbau, Kekeruhan 1,68 NTU, BOD 231,94 mg/l, COD 400 mg/l, pH 7,5, Amonia 9,59 mg/l. Kadar BOD, COD, dan Amonia belum memenuhi Perda Prop. Jateng No. 05 tahun 2012 Tentang Baku Mutu Air Limbah dengan nilai maksimal BOD 75 mg/l, COD 125 mg/l, Amonia 4 mg/l. 
Kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan, bahwa pengolahan air limbah belum memenuhi syarat, karena BOD, COD dan Amonia melebihi baku mutu air limbah. Disarankan agar dibangun IPAL baru yang sesuai dengan kriteria industri pengolahan kayu lapis. 

Daftar bacaan   : 11 (1994-2012) 
Kata kunci        : INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) 
Klasifikasi         : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar