Rabu, 03 Februari 2016

STUDI KOMPARASI ANGKA KUMAN DI UDARA SEBELUM DAN SESUDAH DIDESINFEKSI PADA RUANG PERAWATAN BAYI RSI PKU MUHAMMADIYAH KABUPATEN TEGAL

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah,  Juli 2009  

Abstrak
Sinu Arifia
STUDI KOMPARASI ANGKA KUMAN DI UDARA SEBELUM DAN SESUDAH DIDESINFEKSI PADA RUANG PERAWATAN BAYI RSI PKU MUHAMMADIYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN 2009.
 XVII + 73 halaman : tabel, gambar, lampiran.  

RSI PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal adalah rumah sakit swasta yang merupakan amal usaha Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. RSI PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal berstatus rumah sakit type C dengan kapasitas tempat tidur 101 buah dan angka BOR adalah 47,59 %. Rumah sakit selain sebagi tempat pelayanan, dapat berperan sebagai tempat penularan penyakit, terutama ruang perawatan bayi. Sebagai tempat berkumpulnya pasien bayi, ruang perawatan bayi mempunyai kemungkinan besar untuk terjadinya infeksi nosokomial melalui perantara benda hidup dan benda mati. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan angka kuman di udara sebelum dan sesudah didesinfeksi pada ruang perawatan bayi RSI PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal. yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analitik. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, pengukuran, pemeriksaan, dan perhitungan angka kuman. Pengolahan data dengan cara editing, coding, dan tabulating. Data dalam penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Analisis data dengan uji Paired T Test (Pre-Post), berdasarkan hasil uji Paired T Test pada penelitian ini menunjukkan terdapatnya perbedaan angka kuman udara antara sebelum dan sesudah pemberian desinfektan dengan prosentase 54,14 %. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian desinfektan pada saat penyemprotan dapat mengurangi secara bermakna angka kuman pada udara. Peneliti menyarankan dalam penyemprotan ruang perawatan selalu menggunakan desinfektan dan untuk menjaga agar angka kuman udara tetap dibawah standar, dengan dilakukan pemeriksaan angka kuman secara berkala oleh petugas. 

Kepustakaan :   22 (1982 - 2008)
Kata kunci     :   Rumah Sakit, kuman udara, desinfeksi.
Klasifikasi      :    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar