Selasa, 02 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan  
Program Studi D III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2009 

ABSTRAK 
Bahri 
STUDI PENGOLAHAN LIMBAH CAIR DI IPLC PT. PINDO DELI PULP AND PAPER MILLS I KARAWANG TAHUN 2009 
xiv + 75 halaman: gambar, tabel dan lampiran  

PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills I adalah salah satu dari beberapa pabrik kertas di Indonesia yang mengolah bahan baku yaitu pulp menjadi kertas yang dibangun tidak jauh dari sungai Citarum. Pabrik ini merupakan salah satu pabrik yang membuang limbah cairnya ke sungai Citarum. 
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sumber, pengumpulan dan penyaluran, kuantitas, cara dan proses pengolahan serta kualitas pada IPLC, sehingga dapat diketahui apakah IPLC yang ada dapat berfungsi dengan baik, yaitu dengan melihat hasil pengukuran kualitas dari limbah cair yang dibuang ke badan air memenuhi syarat atau tidak. 
Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data lapangan dan laboratorium yang kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan ketentuan teori dan perundang-undangan yang ada. 
Hasil penelitian menyebutkan sumber limbah cair berasal dari kegiatan produksi pada PM 1 s/d PM 7, Deinking, Pit CaCO, Colour Kitchen (preparation), OMC 2 dan On Coating yang dialirkan dengan saluran tertutup dan dipisahkan dengan saluran air hujan dengan debit rata-rata 11.000-13.000 m3
/hari. Sedangkan untuk tahapan pengolahan limbah cair, yaitu: Screening Station, Equalisasi, primary clarifier, cooling tower, bak aerasi, secondary clarifier dan belt press. Kualitas limbah cair pada effluent sudah memenuhi persyaratan menurut Surat Keputusan Gubernur Tingkat I Jawa Barat No. 6 Tahun 1999 Tentang Baku Mutu Limbah Cair dengan nilai parameter BOD = 56,00 mg/L, COD= 163,90 mg/L, TSS= 50,09 mg/L dan pH= 7,39. 5 Penulis menyimpulkan bahwa IPLC PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills I sudah optimal dalam mengendalikan kualitas limbah cair sesuai dengan baku mutu pembuangan limbah cair ke badan air. Untuk perusahaan, disarankan perlu peningkatan keahlian pekerja unit WWT dan mempertahankan pengawasan pengolahan limbah cairnya.  

Daftar bacaan   :  17 (1987-2008) 
Kata kunci        :   PLC (Instalasi Pengolahan Limbah Cair)
Klasifikasi  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar