Rabu, 03 Februari 2016

  

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Agustus 2009

Abstrak   
Umi Mukarromah 
TINJAUAN SANITASI RUMAH PENDUDUK DI RW 02 DESA PLANGKAPAN KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2009
xii +45 halaman : tabel, lampiran.  

Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian yang digunakan untuk berlindung dari gangguan iklim dan makhluk hidup lainnya, serta tempat pengembangan kehidupan keluarga. Oleh karena itu keberadaan rumah yang sehat, aman, serasi dan teratur sangat diperlukan agar fungsi dan kegunaan rumah dapat terpenuhi dengan baik (menkes RI, 1989, h. b) Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan obserfasi. Objek dalam penelitian ini adalah kondisi sanitasi rumah ditijau dari segi ventilasi, Lantai, Persediaan air bersih, sarana pembuangan tinja, sarana penyediaan sampah, Sarana pembuangan limbah, pengendalian vector da binatang pengganggu. 
Keadaan sanitasi rumah penduduk di RW 02 Desa Plangkapan masih kurang baik karena masih terdapat hal-hal yang belum memenuhi syarat sanitasi rumah. 
Saran yang diberikan adalah selalu mengakan penyulahaan tentang rumah sehat memenuhi syarat sanitasi dan perlu ada upaya untuk melakukan perbaikan terhadap kondisi sanitasi rumah yang belum memenuhi syarat.    

Kepustakaan  : 11 (1979 – 1996) 
Kata kunci     :Sanitasi Rumah Sehat  
Klasifikasi      :
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar