Rabu, 03 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah,  Juli 2009 

Abstrak 
Swari Hudiantari 
TINJAUAN PENGELOLAAN AIR MINUM DI PDAM KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2009. 
xvii + 49  halaman : gambar, tabel, lampiran  

Perusahaan Daerah Air Minum merupakan Perusahaan milik pemerimtah daerah yang bergerak dalam bidang penyediaan air bagi masyarakat untuk memperoleh air minum dengan jumlah yang cukup serta memenuhi syaratsyarat kesehatan. Perlu dilakukan pemeriksaan terhadap kualitas dan kuantitas air minum. Penelitian di PDAM Kabupaten Pemalang bertujuan untuk mengetahui organisasi pengelolaan, teknik pengolahan, kualitas dan kuantitas air minum yang dihasilkan serta daerah yang dilayani di PDAM Kabupaten Pemalang. 
Penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, pencatatan data dari arsip-arsip dan pemeriksaan kandungan bakteri Coliform. Analisis data dilakukan dengan analisis tabel dan perbandingan hasil pengukuran dengan teori-teori yang relevan dan standar persyaratan kualitas air minum menurut Kepmenkes RI No. 907/ Menkes/ Per/ VII/ 2002 dan peraturan struktur organisasi PDAM berdasarkan Keputusan Bupati Pemalang No. 67 tahun 2003. 
Hasil penelitian menunjukkan struktur organisasi yang telah dibuat menggunakan tipe kombinasi, pengolahan air minum dilakukan berbeda dengan didasarkan pada sumbernya mata air dan sumur dalam, Kandungan Coliform air PDAM Pemalang, air yang masuk sistem distribusi kadar maksimum yang diperbolehkan dalam 100 ml air adalah 0 (nol) bakteri coliform,  Kuantitas air minum maksimal yang dihasilkan 190Liter/ detik, 15.346 m3/ hari, 475.729  m/ bulan sudah 92% kebutuhan air di PDAM Pemalang terlayani dengan baik, dengan jumlah pelanggan 17.078 pelanggan. PDAM Pemalang melayani 9 Kecamatan dari 14 kecamatan di wilayah Kabupaten Pemalang. 
Kesimpulan menunjukkan pengelolaan air minum di PDAM Kabupaten Pemalang sudah baik dalam arti sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku dan teknik pengolahan air minum yang dilakukan sesuai dengan teori yang terkait. Penulis menyarankan kepada instansi PDAM Kabupaten Pemalang dilakukan dengan menambah sumber air baku baru dan mencoba mengembangkan kegiatan pengolahan air minum dengan memanfaatkan air sungai sigolo-golo untuk meningkatkan produksi air minumnya. 

Daftar bacaan : 20 ( 1979-2008) 
Kata kunci      : Pengelolaan air minum 
Klasifikasi       : - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar