Selasa, 09 Februari 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah,  Juli 2010


Abstrak 
Baskoro Iwan Santoso (ibaz_silva@ymail.com) 
STUDI KEPADATAN LARVA NYAMUK Anopheles sp PADA SUMUR GALI DI DESA SEPARE WILAYAH PUSKESMAS BANYUASIN KECAMATAN LOANO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2010
xvi + 50 : tabel, halaman, lampiran 

Penyakit malaria ditularkan dari orang sakit ke orang sehat melalui gigitan nyamuk Anopheles sp. Nyamuk Anopheles sp banyak ditemukan di daerah perbukitan dan persawahan seperti di Bukit Menoreh, Purworejo yang banyak terdapat tempat perkembangbiakan nyamuk. Wilayah Puskesmas Banyuasin merupakan daerah tertinggi kasus malaria di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Separe Wilayah Puskesmas Banyuasin dengan tujuan untuk mengetahui gambaran kondisi sumur, yang meliputi konstruksi sumur gali, kedalaman, pH air sumur gali dan mengetahui gambaran kepadatan larva nyamuk Anopheles sp di Desa Separe Wilayah Puskesmas Banyuasin, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. 
Metode yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan selama 3 hari. Penangkapan larva nyamuk Anopheles sp dilakukan dengan menggunakan cidukan larva  pada sumur gali dengan metode accidental sampling. Setiap sumur gali yang terdapat larva nyamuk Anopheles sp dilakukan penangkapan larva. Jumlah sumur gali di Desa Separe Wilayah Puskesmas Banyuasin sebanyak 36 sumur. 
Hasil penelitian menunjukkan sumur gali yang positif larva nyamuk Anopheles sp sebanyak 6 sumur gali dan sumur gali yang negatif larva nyamuk Anopheles sp sebanyak 10 sumur gali. Kepadatan larva nyamuk Anopheles sp sebanyak 29 larva dengan rata-rata  kepadatan larva Anopheles sp sebanyak 0,48. 
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa kepadatan larva Anopheles sp pada sumur gali ditemukan di desa Separe wilayah Puskesmas Banyuasin yang dikategorikan termasuk tidak padat. Dari hasil tersebut maka diharapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dan Puskesmas Banyuasin juga melakukan survei dan pengendalian larva nyamuk Anopheles sp pada sumur gali sebagai tempat perkembangbiakkan nyamuk.  

Daftar bacaan  : 24 (1985-2010) 
Kata Kunci      : Larva nyamuk Anopheles sp, Malaria 
Klasifikasi       : - 

  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar