Rabu, 03 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Purwoketo Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah,  Juli 2009 

Abstrak  
Fawanri Herwin Sinabang 
STUDI KUALITAS MIKROBIOLOGI AIR SUMUR GALI DI KELURAHAN LARANGAN KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2009 
XVI + 51 halaman : lampiran, tabel, gambar  

Sumur gali adalah satu sarana penyediaan air bersih dengan cara menggali tanah sampai mendapatkan lapisan air dengan kedalaman tertentu yang terdiri dari bibir sumur, dinding sumur, lantai sumur, SPAL dan dilengkapi kerekan timba dengan gulungannya atau pompa. Penelitian tentang Studi Kualitas Mikrobiologi Air Sumur Gali di Kelurahan Larangan Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes belum pernah dilakukan.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah Coliform pada air sumur gali, apakah jumlah Coliform pada air sumur gali sesuai dengan Permenkes No. 416/MENKES/Per/IX/1990 yaitu 50 Coliform/100ml dan mengetahui kondisi sarana air bersih yaitu sumur gali di Kelurahan Larangan Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan dalam menganalisis hasil menggunakan analisis tabel. 
Hasil penelitian dilakukan pemeriksaan terhadap Coliform pada air sumur gali menunjukkan hasil 49 Coliform/100ml yaitu 1 sumur gali, 59 Coliform/ 100ml yaitu 1 sumur gali, 81 Coliform/100ml yaitu 2 sumur gali,430 Coliform/100ml yaitu 2 sumur gali dan  2400 Coliform/100ml ada 2 sumur gali. Hasil pemeriksaan tersebut menyebutkan bahwa kandungan Coliform pada air sumur gali di desa Larangan belum sesuai dengan standar air bersih. 
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah jumlah Coliform dalam air sumur gali tidak sesuai dengan standar yang berlaku. Diharapkan agar masyarakat memperhatikan konstruksi sumur gali dalam membangun sumur gali karena hal tersebut berpengaruh terhadap kandungan bakteri Coliform dalam air sumur gali juga memperhatikan jarak antara sumur gali dengan jamban keluarga.   

Daftar bacaan : 18 (1958-2009) 
Kata kunci      : Coliform, Sumur Gali 
Klasifikasi      :  - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar