Selasa, 02 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Semarang Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2008  
  
ABSTRAK   
Amri Pitayoni 
STUDI TENTANG SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI WILAYAH KOTA PEMALANG TAHUN 2008 
xiv + 68 halaman : gambar, tabel, lampiran  

Wilayah Kota Pemalang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Pemalang yang meliputi daerah Pelutan, Kebondalem,Bojongbata dan Mulyoharjo. Wilayah kota ini menghasilkan 170,5 m3 sampah perharinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pengelolaan sampah yang ada. Dengan mengetahui sistem pengelolaan sampah yang ada pada setiap tahap pengelolaan sampah maka dapat diketahui apakah sistem pengelolaan sampah yang ada tersebut sudah berjalan sesuai dengan Perda yang ada (Perda Kabupaten Pemalang No 10 Tahun 1999) dan sesuai dengan syarat- syarat kesehatan.  
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian diskriptif. Pengumpulan data diperoleh di lapangan dan dokumen dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pemalang dengan cara observasi, wawancara, dan pengukuran. 
Hasil penelitian didapatkan data bahwa sistem pengelolaan sampah di wilayah Kota Pemalang sudah sesuai dengan Perda yang ada, namun Perda tersebut sudah berumur 9 tahun sehingga tidak sesuai lagi dengan situasi yang ada sekarang, akibatnya, terjadi ketimpangan pembiayaan pengelolaan sampah, selain itu masih banyak petugas kebersihan yang belum menggunakan APD sesuai ketentuan yang ada, serta banyaknya sarana dan prasarana dalam pengelolaan sampah yang tidak berjalan sesuai dengan fungsinya sehingga menyebabkan pengelolaan sampah di wilayah Kota Pemalang belum optimal. 
Peneliti menyimpulkan bahwa pengelolaan sampah di wilayah Kota Pemalang masih kurang baik dalam segi pembiayaan maupun sarana dan prasarana yang digunakan serta petugas yang belum menggunakan APD, dan menyarankan untuk mengoptimalkan sistem pengelolaan sampahnya dengan melakukan perbaikan sarana dan prasarana yang digunakan, penyediaan APD dan opimalisasi penarikan retribusi oleh petugas kepada masyarakat yang dilayani. 

Daftar bacaan : 14 (1981 - 2007) 
Kata kunci      : SAMPAH 
Klasifikasi      :  
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar