Rabu, 03 Februari 2016

          
Departemen Kesehatan Repuplik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah,   Juli 2009

Abstrak
Tri Mayasari
TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH DI PASAR WAGE      DESA WANGON  KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2009 
Xii + 36 : tabel, gambar, lampiran

Pasar sebagai tempat untuk melakukan aktifitas transaksi antara penjual  dan pembeli,  pasar  selalu menghasilkan sampah dalam jumlah yang banyak. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan gangguangangguan  kenyamanan,  bahya  banjir,  pencemaran  lingkungan  hingga menimbulkan gangguan-gangguan kesehatan atau sebagai  penularan penyakit seperti  kolera, disentri,  dan  penyakit  menular  lainya.Tujuan  disini  adalah mendeskripsikan  tentang  penimbulan sampah,  pewadahan  pengumpulan sampah,  pengolahan  sampah,  pengangkutan  sampah, pembuangan  akhir sampah. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan  tentang  penimbulan  sampah,  pengumpulan  sampah, pengolahan sampah, pengangkutan sampah, dan pembuangan akhir sampah.
Hasil penelitian menunjukkan jumlah sampah rata-rata perhari yaitu 7,5 m3, dengan perincian yaitu jumlah sampah organik 4,5 m dan jumlah sampah anorganik 3 m33. Kesimpulan penelitian ini adalah sistem pengelolaan sampah di 
Pasar Wage kurang baik, yaitu ada beberapa permasalahan seperti tidak semua pedagang di Pasar Wage memiliki tempat sampah. Penulis menyarankan supaya pengelola pasar dapat mengkoordinir para pedagang, agar pada setiap los atau kios  yang  ditempati  bisa  memiliki  tempat  sampah sendiri-sendiri,bagi  para petugas  kebersihan  harus  memakai  APD  (alat  Pelindung  Diri)  yang lengkap,dalam hal pengangkutan frekuensi pengangkutannya ditambah menjadi 4 kali dalam seminggu, dan perlu diadakannya tes kesehatan bagi para petugas kebersihan. 

Kepustakaan  : 13 ( 1980-2003) 
Kata kunci     : Pasar, sampah, pengelolaan sampah 
Klasifikasi     : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar