Selasa, 02 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2009  


Abstrak  
Arifani Wijayanti 
Studi Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pabrik Jamu Serbuk Super Di Kabupaten Cilacap Tahun 2009 
xviii + 52 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Penggunaan alat pelindung diri merupakan salah satu cara terakhir untuk mengendalikan bahaya di lingkungan kerja, terutama bagi pekerja Pabrik Jamu Serbuk Super yang setiap harinya berhadapan dengan lingkungan kerja. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis alat pelindung diri, kesesuaian jumlah alat pelindung diri dengan jumlah pekerja, kondisi alat pelindung diri, penggunaan alat pelindung diri oleh para pekerja dan frekuensi pengawasan terhadap alat pelindung diri di Pabrik Jamu Serbuk Super. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan hanya untuk menggambarkan keadaan penggunaan alat pelindung diri pada pekerja Pabrik Jamu Serbuk Super. Subyek penelitian ini adalah alat pelindung diri yang ada di Pabrik Jamu Serbuk Super. Cara pengumpulan datanya yaitu wawancara dengan menggunakan kuesioner dan checklist. Jenis alat pelindung diri yang ada di Pabrik Jamu Serbuk Super adalah masker, sarung tangan, tutup kepala dan pakaian kerja. Jumlah alat pelindung diri yang ada di Pabrik Jamu Serbuk Super yaitu masker sebanyak 13 buah, sarung tangan 3 buah, tutup kepala 7 buah dan pakaian kerja 7 buah. Jumlah alat pelindung diri kurang sesuai dengan jumlah pekerja. Kondisi alat pelindung diri 100% dalam keadaan baik. Penggunaan alat pelindung diri 100% sudah digunakan dengan baik. Frekuensi pengawasan terhadap alat pelindung diri dilakukan setiap hari. 
Dari hasil uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa jenis alat pelindung diri yang ada di Pabrik Jamu Serbuk Super adalah masker, sarung tangan, tutup kepala dan pakaian kerja. Jumlah alat pelindung diri belum sesuai dengan jumlah pekerja. Kondisi alat pelindung diri 100% dalam keadaan baik. Pengguanaan alat pelindung diri 100% digunakan dengan baik. Frekuensi pengawasan dilakukan setiap hari. Disarankan kepada pengusaha untuk menyediakan alat pelindung diri dalam jumlah yang mencukupi. 

Daftar bacaan  : 10 (1990 – 2009) 
Daftar kunci    : Penggunaan APD 
Klasifikasi       : - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar