Selasa, 02 Februari 2016

STUDI HACCP MI ONGKLOK UMI DI KAUMAN WONOSOBO TAHUN 2008.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Semarang 
Program Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis ilmiah, Juli 2008 

Abstrak  
Eka Setia Wati  
STUDI HACCP MI ONGKLOK UMI DI KAUMAN WONOSOBO TAHUN 2008. 
xiv + 100halaman: gambar, tabel, lampiran   

Kasus keracunan makanan dan minuman mengalami peningkatan sepanjang tahun 2004. Akibat kasus keracunan belum dipicu adanya penanganan serius mengenai pemberlakuan standar bagi makanan dan minuman baik produksi pabrik kecil  dan industri rumah. HACCP (Hazard Analisis Critical Control Point) adalah suatu pendekatan untuk mengenal dan mengukur bahaya yang spesifik sebagai upaya pencegahan dalam pengawasan pengelolaan makanan untuk menjamin keamanan pangan. Proses pengolahan mi ongklok menjadi sangat penting diperhatikan untuk mendapatkan mi ongklok  yang aman dan bermutu tinggi. 
Penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif dengan maksud untuk menggambarkan penerapan HACCP Mi ongklok UMI di Kauman Wonosobo. 
Hasil penelitian di mi ongklok UMI terhadap penjamah makanan belum memenuhi persyaratan penjamah makanan, alat sudah memenuhi syarat peralatan tetapi tempat belum memenuhi syarat tempat pengolahan. mengenai analisis bahaya yang mungkin terjadi di mi ongklok UMI dari fisik kontaminasi penjamah makanan seperti kuku, rambut dan kontaminasi dari luar seperti debu, kerikil, serangga, tanah. Kimia dari logam berat dan formalin sedangkan untuk mikroba pertumbuhan mikroba. Mi ongklok UMI hanya menggunakan parameter indra (sensori) atau mengandalkan penampilan dan tekstur untuk mengetahui kualitas bahan baku dan belum dilakukan pemeriksaan kandungan formalin pada bahan baku maupun mikroorganisme serta pemantauan terhadap suhu maupun pada penjamah makanan, alat dan tempat produksi. Perlu dilakukan pemeriksaan formalin dan mikroorganisme terutama pada bahan baku yang digunakan, serta perbaikan peralatan dan tempat juga pengadaan fasilitas APD (sarung tangan, celemek, penutup kepala) dan pemeriksaan kesehatan untuk penjamah makanan. Lakukan pencatatan pada setiap tahap produksi. 

Daftar bacaan : 16 (1989 - 2008) 
Kata kunci      : Studi HACCP Mi Ongklok UMI, Kauman Wonosobo Tahun 2008. 
Klarifikasi      :  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar