Rabu, 03 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2009 


Abstrak 
Titin 
EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN PARE (Momordica charantia) TERHADAP LARVA NYAMUK Aedes aegypti 
XI+50 halaman: gambar, tabel, lampiran  

Nyamuk Aedes aegypti merupakan vektor penular penyakit demam berdarah (DBD). Penyakit DBD sampai saat ini  masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia. Maka dari itu perlu diadakan pengendalian nyamuk Aedes aegypti. Pengendalian vektor salah satunya yaitu  dapat dilakukan secara kimia. Pengendalian secara kimia salah satunya yaitu dengan menggunakan insektisida yang mempunyai dampak negatif berupa keseimbangan alam terganggu dan akan mengakibatkan timbulnya hama yang resisten,. Pare (Momordica charantia) dapat dimanfaatkan sebagai insektisida.. 
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kematian larva nyamuk Aedes aegypti pada konsentrasi 300 ppm, 375 ppm, 450 ppm, 525 ppm, dan 600 ppm ekstrak daun pare, mengetahui perbedaan kematian larva nyamuk Aedes aegypti dan mengetahui konsentrasi ekstrak daun pare yang paling efektif untuk mematikan larva nyamuk Aedes aegypti. 
Metoda yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pra eksperiment dengan desain the statistic group comparation dengan memberikan berbagai konsentrasi. Ekstrak daun pare pada masing-masing enamel yang berisi 25 ekor larva Aedes aegypti, dengan replikasi 3 kali pengulangan. 
Hasil penelitian diketahui rata-rata kematian larva Aedes aegypti  pada konsentrasi 300 ppm adalah 10,67%, pada konsentrasi 375 ppm adalah 24%, pada konsentrasi 450 ppm adalah 40%, pada konsentrasi 525 ppm adalah 70, 67% dan pada konsentrasi 600 ppm adalah 80%. 
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang bermakna pada berbagai konsentrasi ekstrak daun pare terhadap kematian larva Aedes aegypti dan konsentrasi ekstrak daun pare yang paling efektif yaitu pada konsentrasi 500 ppm dan 600 ppm karena dapat mematikan ≥70% larva uji. 

Daftar bacaan  : 21 (1985-2008) 
Kata kunci       : kematian larva Aedes aegypti, ekstrak daun pare 
Klasifikasi       :
Full Text
    

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar