Selasa, 02 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan LingkunganKarya 
Tulis Ilmiah, Juni 2008


Abstrak 
Suwarno 
STUDI TENTANG TINGKAT KEPADATAN LALAT DAN JENIS LALAT YANG DOMINAN DI PASAR PURWODADI KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2008 
X + 65 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Kepadatan lalat merupakan suatu indikator kurang baiknya cara pengelolaan sampah atau rendahnya tingkat kondisi sanitasi, sehingga dapat menimbulkan kemerosotan kualitas lingkungan. Studi tentang tingkat kepadatan lalat dan jenis lalat yang dominan, diharapkan mampu menjadi petunjuk tingkat pencemaran yang terjadi di lingkungan pasar, dapat diketahui jenis lalat yang dominan dan dapat diketahui perilaku masyarakat pasar dalam interaksinya dengan lingkungan terutama yang terkait erat dengan masalah kesehatan.  Penelitian ini termasuk deskriptif, dengan maksud untuk memperoleh gambaran kepadatan lalat dan jenis lalat yang dominan dengan melakukan pengukuran dan identifikasi. Analisis data menggunakan analisis tabel dan dibandingkan dengan teori yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kepadatan lalat secara umum di Pasar Purwodadi 4 ekor/blok grill, termasuk dalam kategori sedang sehingga perlu dilakukan pengamanan terhadap tempat-tempat berkembangbiak lalat. Kepadatan lalat tertinggi yaitu pada kelompok penjualan ikan asin, gula dan TPS yaitu antara 6-20 ekor/blok grill. Sedangkan terendah pada kelompok penjualan beras, kelapa, pakaian, kelontong, elektronik dan mainan anak-anak yaitu 1-2 ekor/blok grill. Jenis lalat yang dominan di pasar Purwodadi adalah jenis (species) Musca domestica atau lalat rumah. 
Faktor yang paling mempengaruhi kepadatan lalat di Pasar Purwodadi adalah cuaca (temperatur dan kelembaban) dan sarana sanitasi pasar. Hendaknya pihak pengelola pasar agar melakukan perbaikan hygiene dan sarana sanitasi lingkungan pasar, penanganan sampah agar dilakukan secara disiplin dan teratur, dan bagi masyarakat pasar tidak membuang sampah sembarangan. 

Daftar bacaan : 12 (1967-2001) 
Kata kunci      : Kepadatan lalat, Musca domestica 
Klasifikasi      : -  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar