Selasa, 02 Februari 2016

TINJAUAN SANITASI HOTEL MOROSENENG BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2009 


Abstrak
Eko Aryantoro 
TINJAUAN SANITASI HOTEL MOROSENENG BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2009 
xii + 66 halaman : tabel, gambar, lampiran

Hotel merupakan sarana umum yang dikelola secara komersil dan memilki risiko kesehatan yang tinggi apabila tidak memenuhi persyaratan kesehatan hotel. Hotel Moroseneng terletak di Lokawisata Baturraden. Pengawasan sanitasi hotel yang  meliputi  bagian  dalam dan  luar  hotel  disesuaikan dengan  persyaratan kesehatan hotel  untuk mencegah penularan penyakit  dan gangguan lain. Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk mengetahui  kondisi  sanitasi  Hotel  Moroseneng Baturraden  yang meliputi  kondisi  lingkungan,  bangunan,  kamar  dan  fasilitas sanitasi hotel.
Jenis  penelitian  ini  adalah  deskriptif  yaitu  menggambarkan  keadaan sanitasi Hotel Moroseneng Baturraden. Cara pengumpulan data yaitu wawancara dengan  pengelola  dan  karyawan  hotel, observasi  langsung  pada  obyek  yang diteliti serta dilakukan pengukuran, meliputi pengukuran pencahayaan dan suhu.
Hasil  yang diperoleh secara umum pada sanitasi  hotel  sudah memenuhi syarat  Permenkes  RI  No. 80/Menkes/Per/1990  yang  meliputi  persyaratan kesehatan lingkungan dan bangunan, ruang hotel, fasilitas sanitasi, dan karyawan. Menurut penilaian peneliti,  nilai yang diperoleh Hotel Moroseneng sebesar 789. Menurut Suharsini Arikunto, nilai 789 tergolong dalam kategori sangat baik. Kondisi sanitasi  hotel  yang  belum  memenuhi  syarat  antara  lain pembuangan  air  kotor  dari laundry dan dapur  langsung  ke badan  air,  tempat pembuangan sampah di dapur tidak berpenutup dan perlu diberi tutup, dapur agar diberi  cerobong  asap,  ruang  istirahat  karyawan  perlu disediakan, kesehatan karyawan  perlu  dilakukan  pemeriksaan  secara  berkala  minimal  sekali dalam setahun dan mengikutkan penjamah makanan dalam kursus penyehatan makanan dan minuman.

Daftar bacaan : 24 buah (1980-2009) 
Kata Kunci     : Sanitasi 
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar