Rabu, 03 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politekhnik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwoketo 
Program Studi D III Kesehatan Lingkungan  
Karya Tulis Ilmiah,  Juli 2009 


Abstrak 
INDRI VIDYANURINA 
STUDI KANDUNAGAN KHLORIN DALAM AIR PADA BAK PENAMPUNG DAN AIR KRAN PDAM DI PERUMAHAN KORPRI KEBUMNEN TAHUN 2009 
XIV + 54 halaman : lampiran, tabel, gambar   

Proses pengolahan air untuk mendapatkan air yang memenuhi syarat kesehatan, diperlukan beberapa tahap pengolahan. Salah satu tahap akhir pengolahan air adalah desinfeksi. Desinfeksi adalah salah satu cara membunuh virus bakteri dalam air. Penelitian tentang berapa kandungan khlorin dalam air pada bak penampung dan air kran PDAM di Perumahan Korpri Kebumen belum pernah dilakukan.  
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa kandungan khlorin pada bak penampung dan air kran PDAM di Perumahan Korpri Kebumen dan apakah kandungan khlorin tersebut sesuai dengan Kepmenkes RI no.907/Menkes/SK/VII/2002 yaitu 600-1000 mikrogram/liter. Tekhnik pengumpulan data dengan cara pengukuran langsung di lapangan dan observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan dalam menganalisis hasil menggunakan analisis tabel. 
Hasil penelitian dilakukan pemeriksaan terhadap kandungan khlorin dalam air pada bak penampung dan air kran PDAM di Perumahan Korpri Kebumen diperoleh rata-rata kandungan khlorin pada bak penampung sebesar 300 mikrogram/liter dan pada air kran PDAM rata-rata khlorin sebesar 100 mikrogram/liter. Hasil pemeriksaan tersebut menyebutkan bahwa kandungan khlorin yang berada pada bak penampung dan air kran tidak sesuai dengan standar Kepmenkes RI no.907/Menkes/SK/VII/2002 yaitu 600-1000 mikrogram/liter. 
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah kandungan khlorin dalam air pada bak penampung dan air kran PDAM tidak sesuai dengan standar Kepmenkes RI no.907/Menkes/SK/VII/2002 yaitu 600-1000 mikrogram/liter. Pihak PDAM untuk lebih memperhatikan dalam pembubuhan kaporit agar dilakukan dengan dosis yang tepat untuk mencapai kandungan khlorin aktif dalam air sebesar 600-1000 mikrogram/liter.  

Daftar bacaan : 15 (1984-2005) 
Kata kunci      : Kandungan Khlorin 
Klasifikasi      :  - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar