Selasa, 02 Februari 2016

KAJIAN POTENSI BAHAYA KECELAKAAN KERJA PADA DIPO KERETA DAN LOKOMOTIF PT. KAI DAOP V PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2008

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2008 
   

Abstrak   
Fiestaning Dhian Puspita Rini 
KAJIAN POTENSI BAHAYA KECELAKAAN KERJA PADA DIPO KERETA DAN LOKOMOTIF PT. KAI DAOP V PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2008 XVI + 80 halaman: gambar, tabel, lampiran.  

Lingkungan kerja pada Dipo PT. KAI DAOP V Purwokerto yang kurang kondusif, sifat pekerjaan, cara kerja serta proses produksi dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja. Penurunan kondisi kesehatan tenaga kerja dan tingginya kecelakaan kerja dapat menimbulkan kerugian baik secara ekonomis maupun non-ekonomis. Usia tenaga kerja, jenis pekerjaan, alat dan bahan, prosedur kerja serta lingkungan fisik dapat mempengaruhi terjadinya kecelakaan kerja.  Metode yang digunakan yaitu observasi dan wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada tenaga kerja. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dideskripsikan untuk menggambarkan hasil penelitian. Analisis data disajikan dalam bentuk narasi dan tabel.  Dipo Kereta dan Lokomotif menangani perawatan dan perbaikan serta pemeliharaan kereta api sejumlah 112 kereta. Dari hasil observasi lingkungan fisik tempat kerja, skor yang diperoleh pada Dipo kereta yaitu 60% dengan kriteria cukup baik dan 80% untuk Dipo Lokomotif dengan kriteria baik. Pengukuran yang dilakukan antara lain pengukuran kebisingan, pencahayaan dan kelembaban.  Usia tenaga kerja, alat dan bahan serta proses kerja tidak berpengaruh dengan jenis pekerjaan yang dilakukan. Lingkungan fisik tempat kerja memungkinkan tenaga kerja bekerja dengan baik sehingga kecelakaan kerja yang terjadi pada Dipo tersebut masih tergolong ringan. Perlu dibuat peraturan yang tegas, dan perbaikan konstruksi kantor dengan cara pemasangan alat peredam suara.  

Daftar bacaan  : 14 (1983 - 2008) 
Kata kunci       : Kecelakaan kerja 
Klasifikasi       :  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar