Rabu, 03 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2009 

Abstrak 
Shofi Amalia 
Tinjauan Pengelolaan Sampah di Lokawisata Baturraden Kabupaten Banyumas Tahun 2009 
 xvii + 64 halaman : tabel, gambar, lampiran  

Lokawisata Baturaden merupakan tempat umum yang banyak dikunjungi orang-orang. Adanya kebiasaan pengunjung jika ke suatu daerah tujuan wisata selalu membawa bekal, hal ini menempatkan pengunjung sebagai salah satu unsur potensial untuk menghasilkan sampah. 
Tujuan penelitian yaitu untuk memperoleh gambaran yang jelas dan nyata tentang pengelolaan sampah di Lokawisata Baturraden mulai dari aspek teknis sampah sampai dengan aspek manajemen sampah. 
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian dengan mengambil sampel pedagang 10% dari jumlah pedagang keseluruhan ≥ 100 orang. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan pengukuran. Analisis data yang digunakan secara deskriptif, untuk menggambarkan hasil penelitian  
Hasil penilitian yaitu penimbulan sampah yang dihasilkan bersumber dari aktifitas manusia maupun kegiatan pemeliharaan lingkungan. Tempat sampah yang terdapat di lokawisata berjumlah 108 buah antara lain tempat sampah fiber dengan prosentase 87,50% kategori baik dan tempat sampah drum kategori cukup baik dengan prosentase 62,5%. Tahap pengumpulan di TPS, berdasarkan hasil pengamatan diperoleh nilai 58,33% kategori cukup baik untuk TPS dekat loket atas, 41,66% kategori kurang baik untuk TPS terminal tengah, dan 58,33% sebelah selatan loket bawah/tikungan jalan maka termasuk dalam kategori cukup baik. Tahap pengangkutan sampah masuk dalam kategori baik dengan prosentase 90,90% dan tahapan pembuangan akhir ini masuk dalam kategori baik dengan prosentase 87,50%. 
Kesimpulan dari penelitian adalah pengelolaan sampah di Lokawisata Baturraden sudah cukup memenuhi syarat, akan tetapi masih terdapat kekurangan seperti tidak ada pengolahan dan pemanfaatan sampah, tidak ada pemisahan antara sampah organik dan sampah anorganik. Penulis menyarankan perlunya penyediaan tempat sampah yang terpisah antara sampah organik dan anorganik yang bervariasi. 

 Kepustakaan : 16 (1982-2009)
Kata Kunci     : Lokawisata, Sampah, Pengelolaan sampah 
Klasifikasi       : -  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar