Kamis, 11 Februari 2016

Studi Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di PT Pertamina Persero Refinery Unit VI Balongan

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kepenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2011 


ABSTRAK 
Rezky Aditya Perdana 
Studi Tentang  Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di PT Pertamina Persero Refinery Unit VI Balongan Tahun 2011TAHUN 2011 
XVI + 73 : Gambar, Lampiran, Tabel, Grafik  

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan instrumen yang memproteksi pekerja, perusahaan, lingkungan hidup, dan masyarakat sekitar dari bahaya akibat kecelakaan kerja. Perlindungan tersebut merupakan hak asasi yang wajib dipenuhi oleh perusahaan. K3 bertujuan mencegah, mengurangi, bahkan menghilangkan risiko kecelakaan kerja (zero accident). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui lebih jauh penerapan Keselamatabn dan kesehatan kerja di PT Pertamina Persero Refinery Unit VI  Balongan. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan hanya untuk menggambarkan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada pekerja di PT. Pertamina (Persero). Cara pengumpulan datanya yaitu wawancara dengan menggunakan kuesioner dan checklist.  
Hasil penelitian adalah tugas utama dari bidang safety ialah mencegah dan meminimalisasi kecelakaan kerja yang mungkin terjadi. Kesehatan dan keselamatan pekerja sangat diutamakan di PT.Pertamina (Persero) RU VI Balongan. Kecelakaan kerja masih mungkin terjadi karena pekerja kurang pengetahuan dasar, kurang keterampilan, atau bahkan ada yang sengaja untuk tidak melaksanakan instruksi yang dianggap tidak penting. Penyakit akibat kerja dapat timbul dari bahaya fisik, kimia dan biologi. Alat pelindung diri sudah lengkap, tetapi masih ada alat pelindung diri yang rusak sehingga dapat membahayakan pekerja bila dipakai.  Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di PT. Pertamina (Persero) termasuk dalam kategori cukup baik. Penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja dapat dicegah dengan mengadakan penyelidikan kejadian monitoring, medical checkup, olah raga dan penanggulangan keadaan darurat. Disarankan kepada perusahaan untuk menyediakan alat pelindung diri dalam jumlah yang mencukupi untuk para tamu dan mengganti alat pelindung diri yang rusak dengan yang baru   

Daftar bacaan : 11 (1986-2005)  
Kata Kunci     : Keselamatan dan Kesehatan Kerja 
Klasifikasi      : - 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar