Senin, 01 Februari 2016

 Departemen Kesehatan Republik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Semarang  
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2006 


Abstrak 
Riena Widhy Astuty
PENGARUH BERBAGAI DOSIS EM 4 PADA KOTORAN SAPI TERHADAP KESUKAAN HINGGAP Musca domestica DI DESA KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI TAHUN 2006 
XIII+30:  Tabel + Halaman + Lampiran 

Salah satu upaya pembangunan kesehatan adalah pengendalian vektor lalat. Lalat merupakan vektor yang dapat menyebabkan penyakit,maka perlu upaya pengendalian dengan manipulasi lingkungan hidup, salah satunya  dengan pemberian EM 4 (Effective Microorganism 4) tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dosis EM 4 yang berpengaruh terhadap kesukaan hinggap lalat Musca domestica. 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen. Pengumpulan data dengan observasi dan pengukuran. Pengolahan data menggunakan editing dan tabulating. Data dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Analisis data yang digunakan adalah one way anova. 
Hasil penelitian lalat yang hinggap pada Dosis EM 4 5ml =10 ekor, dosis EM 4 10 ml  =7 ekor, dosis EM4 15 ml=6 ekor, dosis EM 4 20ml=5 ekor, dosis EM 4 25 ml= 3 ekor dalam rata-rata 5 kali replikasi. Perhitungan statistik dengan menggunakan one way anova didapatkan nilai p value 0,000<α 0,05 maka Ho ditolak sehingga ada perbedaan terhadap jumlah lalat yang hinggap pada kotoran sapi dengan berbagai dosis EM 4. 
Kesimpulan penelitian adalah ada pengaruh kesukaan hinggap lalat Musca domestica terhadap pemberian berbagai dosis EM 4 dan ada perbedaan  pemberian berbagai dosis EM 4 terhadap kesukaan hinggap lalat Musca domestica pada kotoran sapi. Saran penulis agar masyarakat menggunakan EM 4 dengan dosis 25 ml untuk mengurangi pencemaran udara dan lingkungan sekitar, bagi peneliti perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai efektifitas antara pemberian EM 4 dengan kotoran ternak sapi dan kambing . 

Daftar bacaan  :  XII (1986-2001) 
Kata kunci       : EM, kotoran sapi, kesukaan hinggap lalat 
Klasifikasi       :
full text


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar