Rabu, 03 Februari 2016

Studi Penerapan Prinsip Ergonomi Kursi Penjahit Pinggir Jalan Di Jalan Jenderal Soedirman Purbalingga

Departemen Kesehatan Republik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan  
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah , Juli 2009 
  
Abstrak 
Ria Dwi Setyani  
Studi Penerapan Prinsip Ergonomi Kursi Penjahit Pinggir Jalan  Di Jalan Jenderal Soedirman Purbalingga Tahun 2009 
xiii + 45 hal : Gambar, Tabel, lampiran 
  
Ergonomi merupakan ilmu yang penerapannya berusaha untuk menyerasikan pekerjaan dan lingkungan terhadap tenaga kerja atau sebaliknya dengan tujuan tercapainya produktivitas dan efisiensi yang setinggi-tingginya melalui pemanfaatan faktor manisia seoptimal mungkin, salah satu indikator ergonomi atau tidaknya suatu pekerjaan adalah kursi yang sesuai dengan ukuran tubuh pekerja yang menggunakannya, sehingga tidak menimbulkan kelelahan atau keluhan fisik bagi pekerja yang menggunakannya.   
Jenis metode penelitian ini adalah deskriptif dengan jumlah responden 10 orang penjahit. Data diperoleh dengan cara observasi dan wawancara dengan menggunakan kuesioner serta pengukuran terhadap kursi yang meliputi Tinggi kursi, Panjang alas duduk, Lebar alas duduk, Tinggi sandaran, Lebar sandaran dan Sudut kursi serta antropometri penjahit khususnya penjahit pinggir jalan di Jalan Jenderal Soedirman Purbalingga. 
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kursi penjahit pinggir jalan yang belum sesuai dengan antropometri penjahit yang menggunakannya. lebar bahu penjahit pinggir jalan di Jalan Jenderal Soedirman Purbalingga rata-rata 36,21 cm, tinggi bahu ratarata 59,4 cm, lebar pinggul rata-rata 33,04 cm, lipat lutut telapak kaki rata-rata 38,63 cm, lipat lutut garis punggung rata-rata 42,75 cm dan rata-rata sudut kaki penjahit adalah 120,8°. 
Upaya pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan memperbaiki sikap kerja duduk penjahit dengan sikap duduk yang ergonomis, beristirahat pada waktu senggang serta penggunaan kursi yang sesuai dengan antropometri, mempunyai sandaran lengan dan sandaran punggung. 

Daftar Bacaan : 10 (1990-2008) 
Daftar kunci   : Ergonomi - Kursi Penjahit 
Klasifikasi      : - 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar