Rabu, 03 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2009 


Abstrak
Puji Wienna Prastiwi 
STUDI KOMPARASI KEJADIAN KECACINGAN ANTARA PEMULUNG DENGAN PETUGAS TPA DI TPA PENUJAH DESA PENUJAH KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2009
xiv+61 halaman: tabel, gambar, lampiran

Kecacingan  adalah suatu  bentuk  infeksi  oleh  cacing  yang  ditularkan melalui  perantara  tanah kepada  manusia.  Infestasi  kecacingan  menyebabkan gangguan  pencernaan,  perdarahan,  anemia dan  iritasi  usus  sedangkan  bentuk larvanya  dapat  menyebabkan  reaksi  alergi  dan  kelainan jaringan  ditempat hidupnya. Kondisi yang kronis akibat kecacingan akan menurunkan produktivitas kerja.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  perbedaan  kejadian kecacingan antara pemulung dengan petugas TPA di TPA Penujah Desa Penujah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.
Jenis  penelitian  ini  adalah  observasional  dengan  pendekatan  Cross  sectional.  Populasi penelitian ini  adalah  6  orang  petugas  TPA dan  15  orang pemulung,  sampel  penelitian  ini diambil  dengan menggunakan  purposive sampling dengan mendasarkan pada kriteria tertentu yaitu pemulung dan petugas TPA yang memang kesehariannya bekerja di TPA. Jumlah  yang  terinfeksi kecacingan  pada  petugas  TPA sebesar  3 orang (50%) sedangkan pada pemulung 8 orang (53,33%). Data dianalisis dengan uji Chi Square dengan tujuan mencari perbandingan. 
Hasil  uji  ternyata memenuhi syarat,  karena mempunyai  nilai  harapan (expected), lebih dari  20% yaitu 50%, sehingga jenis uji statistiknya menggunakan exact fisher, dimana nilai  p = 1,000 untuk dua sisi, nilai ini lebih besar dari nilai α = 5% sehingga hipotesis nihilnya diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang bermakna kejadian kecacingan antara pemulung dengan petugas TPA. Pekerja yang selalu berinteraksi dengan tanah hendaknya memperhatikan kebersihan perorangan dan menggunakan alat pelindung diri berupa sarung tangan dan sepatu boot. Petugas kesehatan hendaknya melaksanakan pengawasan dan pembinaan bagi tenaga kerja sesuai tugas dan kewenangannya.

Daftar Bacaan : 21 (1989-2009)
Kata kunci       : Jenis pekerjaan, Kecacingan  
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar