Selasa, 02 Februari 2016

STUDI KONDISI KESEHATAN LINGKUNGAN RUMAH PENDERITA PENYAKIT CHIKUNGUNYA DI PUSKESMAS RAWALO

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi D III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2009   


Abstrak 
AFRI ARISTIANI WINDIASTUTI 
STUDI KONDISI KESEHATAN LINGKUNGAN RUMAH PENDERITA PENYAKIT CHIKUNGUNYA DI PUSKESMAS RAWALO TAHUN 2009 
xiv + 76 halaman : lampiran, tabel, gambar 

Upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan secara optimal dan berkesinambunngan terus digalakkan, salah satunya adalah untuk menurunkan angka kesakitan sampai ketitik tertentu yang tidak membahayakan. Chikungunya merupakan penyakit yang banyak dijumpai didaerah / Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Hal ini didukung karena kondisi kesehatan lingkungan yang kurang baik. Wilayah kerja Puskesmas Rawalo merupakan wilayah yang angka kesakitan Penyakit Chikungunya cukup tinggi dibanding dengan wilayah kerja Puskesmas lain. Di wilayah kerja Puskesmas Rawalo angka Penyakit Chikungunya mencapai 72 penderita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek kesehatan lingkungan rumah yang mempengaruhi terjadinya penyakit Chikungunya di wilayah kerja Puskesmas Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan dalam menganalisis hasil menggunakan analisis tabel. 
Hasil penelitian dilakukan terhadap penderita Penyakit Chikungunya yang ada di wilayah kerja Puskesmas Rawalo, diketahui kondisi ventilasi yang memenuhi syarat 96,65%, kualitas pencahayaan yang tidak memenuhi syarat 65,22%, tingkat suhu dan kelembaban yang memenuhi syarat 86,95%, bak mandi bersih dan berwarna terang 65,2% dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta tingkat ekonomi yang masih rendah. Hasil tersebut menunjukkan tingginya angka kesakitan Penyakit Chikungunya di wilayah kerja Puskesmas Rawalo juga dipengaruhi oleh aspek-aspek kesehatan lingkungan. Diharapkan agar pihak Puskesmas lebih giat dalam melakukan penyuluhan tentang Penyakit Chikungunya dan melakukan pengawasan terhadap aspek phsyiologis rumah dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat masyarakat dan masyarakat harus ikut berpartisipasi aktif untuk meningkatkan kesehatan lingkungan desanya sendiri.  

Daftar bacaan : 24 (1996-2009) 
Kata kunci      : Penyakit Chikungunya 
Klasifikasi      :  - 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar