Rabu, 10 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik  Indonesia  
Politeknik Kesehatan Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto  
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2007 


Abstrak 
Herlina Puji Prasetya  
EFISIENSI MODEL PENGOLAHAN ANAEROBIK DIGESTER DALAM MENURUNKAN BOD LIMBAH CAIR TAHU DI DESA KALISARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2007 
X + 46 halaman : 3 gambar, 6 tabel, 9 lampiran   

Pengrajin tahu merupakan industri kecil bersekala rumah tangga yang menghasilkan tahu dan dalam proses pembuatanya menghasilkan limbah cair. Untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya pencemaran akibat air limbah tahu maka perlu dilakukan alternatif pengolahan dengan pengolahan anaerobik digester untuk menurunkan kadar BOD limbah cair industri tahu.di Desa Kalisari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi model pengolahan anaerobik digester dalam menurnkan BOD limbah cair tahu Desa Kalisari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Dilakukan dengan metode pra eksperimen, data data dikumpulkan dengan cara dengan cara observasi, wawancara dan pengukuran populasi yang diambil adalah seluruh limbah cair industri tahu milik Bapak Siswo Rt 5 Rw 2, Desa Kalisari Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Sampel yang diambil adalah sebagian limbah cair industri tahu milik Bapak Siswo.  Sebanyak 3 sampel dilakukan pengolahan anaerobik digester selama 12 hari untuk masing – masing sampel didapatkan rata – rata penurunan BOD sebesar 37,87%. 
Hasil perhitungan uji t – test Ho ditolak pada α 5 % berarti ada penurunan antara sebelum pengolahan anaerobik digester dan setelah pengolahan anaerobik digester.  Penulis menyarankan agar model pengolahan anaerobik digester dapat digunakan untuk menurunkan konsentrasi BOD limbah cair tahu, namun efisiensinya yang masih rendah perlu diteliti lebih lanjut dengan cara mengkombinasikan pengolahan anaerobik digestrer dengan pengolahan aerob dan penambhan waktu penahanan 30 –120 hari.  

Daftar bacaan : 15 (1980 – 2000) 
Kata kunci      : pengolahan anerobik digester, penurunan BOD limbah cair tahu 
Klasifikasi      :
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar