Rabu, 03 Februari 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2009  
Abstrak
Singgih Darmawan,
STUDI TENTANG KEBISINGAN DAN UPAYA PENGENDALIAN PADA RUANG KERJA PENGGILINGAN PADI DI DESA PLANA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2009  
xiii + 51 halaman : tabel, gambar dan lampiran  

Perusahaan penggilingan padi adalah tempat kerja yang alat kerjanya berbasis mesin disel sebagai mesin penggeraknya. Untuk itu dalam melakukan aktifitasnya pasti tidak terlepas dari suara. Suara yang tidak dikehendaki dapat menyebabkan kebisingan. Dimana kebisingan adalah salah satu faktor fisik di lingkungan kerja yang dapat mengganggu kenyamanan dan gangguan kesehatan. 
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui intensitas kebisingan dan upaya pengendalian yang dilakukan pada ruang kerja penggilingan padi di Desa Plana, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas. 
Jenis penelitian yang digunakan yaitu observasi dengan metode analisa penelitian deskriptif . Pengumpulan data dengan menggunakan pengukuran, checklist dan kuesioner.  
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat kebisingan sebagai berikut : rata-rata dalam ruang kerja penggilingan padi Marga Setya 86,48 dB (A) dan ratarata jarak pemukiman terdekat 55,44 dB (A); rata-rata dalam ruang kerja penggilingan padi Sri Rejeki 83,85 dB (A) dan rata-rata jarak pemukiman terdekat dB 46,93 (A); dan rata-rata dalam ruang kerja penggilingan padi Mitra Tani 79,26 dB (A) dan rata-rata jarak pemukiman terdekat 40,76 dB (A). 
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebisingan penggilingan padi Marga Setya melebihi nilai ambang batas, sedangkan penggilingan padi Sri Rejeki dan penggilingan padi Mitra Tani masih dibawah nilai ambang batas menurut Kepmenaker No. 51/ Men/ 1999 tentang Nilai Ambang Batas Faktor Fisika di Tempat Kerja.Upaya yang sebaiknya dilakukan yaitu mengurangi tingkat kebisingan dengan menggunakan sumbat telingapada operator. 
  
Daftar bacaan : 17 (1986-2008)
Kata kunci      : Kebisingan 
Klasifikasi       : -   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar