Jumat, 28 September 2018

STUDI DESKRIPTIF KOLAM RENANG DREAMLAND PARK DESA PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018

                                                                                              Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
                                                                                  Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
                                                                                             Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Iqbal Nur Pratama (Iqbalnurpratama268@gmail.com)
STUDI DESKRIPTIF KOLAM RENANG DREAMLAND PARK DESA PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018
XV + 77 halaman :gambar, tabel, lampiran

Objek Wisata Kolam Renang Dreamland Park Pancasan merupakan salah satu objek wisata di Banyumas, yang merupakan salah satu tempat – tempat umum yang perlu mendapatkan perhatian dan pengawasan sanitasi. Sanitasi kolam renang yang memenuhi syarat bertujuan memutus rantai penularan penyakit. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meneliti sanitasi di Objek Wisata Kolam Renang Dreamland Park Pancasan yang meliputi sanitasi bagian luar, sanitasi bagian dalam, dan mengukur sisa chlor di kolam Dewasa.
Metode penelitian: menggunakan metode deskriptif yaitu menggambarkan tentang keadaan sanitasi, sanitasi bagian luar meliputi lokasi, lingkungan, tempat sampah, Tempat Penampungan Sampah semetara (TPS), dan tempat parkir, sanitasi bagian dalam meliputi tata bangunan, kontruksi bangunan, persyaratan kesehatan kamar/ruang, persyaratan kesehatan fasilitas sanitasi, pengeloaan sampah, dan kualitas air kolam renang di Objek Wisata Kolam RenangDreamland Park Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, serta mengukur sisa chlor. Teknik penilaian sanitasi menggunakan Permenkes RI no.061/Menkes/Per/1/1991 yang dikembangkan sesuai penelitian ini.
Hasil: penilaian dengan checklist dan kuesioner kolam renang belum memenuhi persyaratan kesehatan. Sanitasi bagian luar Objek Wisata Kolam Renang Dreamland Park Pancasan didapatkan hasil penilaian keseluruhan checklist adalah 93,5%, kategori cukup baik dan hasil penilaian kuesioner adalah 100%, kategori cukup baik. sanitasi bagian dalam Objek Wisata Kolam Renang Dreamland Park Pancasan didapatkan hasil penilaian keseluruhan checklist adalah 74%, kategori cukup baik dan hasil penilaian kuesioner adalah 62,5%, kategori cukup baik. Hasil pengukuran sisa chlor rata-rata 0,08 mg/lt. Pada kolam renang anak belum memenuhi persyaratan menurut Permenkes RI No. 32 tahun 2017 tentang salah satu daftar persyaratan kualitas air kolam renang sisa chlor adalah 1 – 1,5 mg/lt.
Kesimpulan: sanitasi secara keseluruhan dan sisa chlor pada kolam renang anak di Objek Wisata Kolam Renang Dreamland Park Pancasan belum memenuhi persyaratan kesehatan. Peneliti menyarankan perlu ditingkatkannya pemantauan kebersihan di dreamland Park Pancasan, memasang tata tertib untuk pengunjung dan himbauan yang bersifat mengajak untuk menjaga kebersihan dipasang disetiap kegiatan pengunjung, pembuatan TPS, tempat cuci tangan, peturasan, sarana pembuangan air limbah, dan dilakukan chlorinasi secara kontinyu.

Data Bacaan :11 (1991-2017)
Kata Kunci   : Sanitasi,Kolam Renang
Klasifikasi    : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar