Kamis, 27 September 2018

HYGIENE SANITASI PE MBUATAN SOHUN PT. SOKA INDAH DESA KARANGSOKA KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2018

Abstrak
Izza Anzili Rizqi (izzaanzili1905@gmail.com)
HYGIENE SANITASI PEMBUATAN SOHUN PT. SOKA INDAH DESA KARANGSOKA KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018
xviii + 107 halaman : tabel, gambar, lampiran

Sohun merupakan suatu produk bahan makanan kering yang dibuat dari pati denganbentuk khas. Pemanfaatan sohun masih terbatas sebagai campuran  makanan seperti sup, soto, bakso, kimlo dan salad. Sohun sering digunakan dalam makanan vegetarian atau ditambahkan dalam minuman, manisan atau
dessert soups. Seiring dengan pemanfaatan sohun, mengkonsumsi mie harus memperhatikan kualitas dari mie tersebut. Kualitas mie yang tidak baik dapat mengganggu kesehatan, penurunan derajat kesehatan disebabkan keadaanhigiene sanitasi buruk. Tujuan penelitian: mengetahui skor penilaian penerapan hygiene sanitasi pembuatan sohun di PT. Soka Indah Desa Karangsoka Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.
Jenis penelitian: deskriptif, Pengumpulan data dengansumber data primer dari inspeksi sanitasi meliputi observasi, wawancara dan pengukuran udara fisik (suhu, kelembaban dan pencahayaan) serta sumber data sekunder dari administrasi kantor PT. Soka Indah. 
Hasil penelitian: menunjukan skor penilaian hygiene sanitasi pada pemilihan bahan makanan memenuhi syarat karena karena diperoleh skor 100%. Penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, pengangkutan makanan, pengemasan makanan, penyimpanan makanan dan fasilitas sanitasi tidak memenuhi syarat karena diperoleh skor Kondisi sanitasi pembuatan sohun secara keseluruhan tidak memenuhi syarat karena diper oleh skor 58,4%. Kesimpulan: Hygiene sanitasi pembuatan sohun PT. Soka Indah Desa Karangsoka Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas tidak memenuhi syarat, permasalahan hygiene sanitasi dapat diatasi dengan upaya perhatian khusus untuk memperbaiki terhadap prinsip higiene sanitasi pengelolaan sohun dari proses pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, pengangkutan makanan, pengemasan makanan dan penyimpanan makanan, fasilitas sanitasi dan kondisi suhu, kelembaban dan pencahayaan di masing-masing ruang kerja PT. Soka Indah.
Daftar bacaan    :   36 (1992–2018)
Kata kunci          :   Hygiene Sanitasi Pembuatan Sohun
Klasifikasi           :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar