Selasa, 25 September 2018

TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TIDAR KOTA MAGELANG TAHUN 2017

Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Christina Tatik Widayati (christinatatik22@gmail.com)
TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TIDAR KOTA MAGELANG TAHUN 2017
xv + 67 halaman : tabel, gambar, lampiran

Sampah medis merupakan hasil aktifitas dari unit-unit pelayanan kesehatan. Apabila sampah medis ini tidak dikelola dengan benar, dapat berakibat merugikan masyarakat di dalam dan di luar unit pelayanan kesehatan tersebut. Rumah Sakit Umum Daerah Tidar Kota Magelang yang kapasitas tempat tidur 278 tempat tidur dan rata-rata sampah medisnya relatif besar, yaitu 150 kg/hari. Hal ini adalah sangat membahayakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan sampah medis di Rumah Sakit Umum Daerah Tidar Kota Magelang.
Metode penelitian yang digunakan penelitian deskriptif, dengan cara observasi dengan check list tentang pengelolaan sampah medis, tanya jawab kepada petugas dengan kuesioner petugas pengelola sampah Rumah Sakit Umum Daerah Tidar Kota Magelang.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pengelolaan sampah medis di Rumah Sakit Umum Daerah Tidar Kota Magelang pada variabel pemilahan dan penampungan skor 100 %, variabel pewadahan mendapat skor 100%, pengumpulan sementara mendapat skor 100%, pengangkutan internal dengan skor total 98,44%, pembuangan akhir sampah medis dengan skor 66,67%, dan skor pengelolaan sampah keseluruhan adalah 93,75%, atau dalam keadaan baik.
Kesimpulan dan saran yang dapat penulis berikan tentang pengelolaan sampah medis di Rumah Sakit Umum Daerah Tidar dengan skor 93,75%. Saran kepada rumah sakit adalah hendaknya sarana dan prasarana serta penerapan peraturan tentang pengelolaan sampah medis yang tegas sangat diperlukan.

Daftar bacaan :  12 (1990 – 2015)
Kata kunci      :   Sampah Medis, RSUD Tidar Kota Magelang, Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi      :   -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar