Selasa, 25 September 2018

STUDI PELAKSANAAN KEGIATAN KLINIK SANITASI DI PUSKESMAS 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2018

Abstrak
Sri Marheni (srimarheni25@gmail.com)
STUDI PELAKSANAAN KEGIATAN KLINIK SANITASI DI PUSKESMAS 1 CILONGOK
KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018
52 halaman, 2 tabel, 5 lampiran

Pelaksanaan kegiatan klinik sanitasi dilakukan setiap hari dan dilaksanakan oleh petugas sanitarian yang ada di puskesmas, tetapi pada kenyataannya pelaksanaan kegiatan klinik sanitasi masih melibatkan tenaga kesehatan lain, sedangkan tenaga kesehatan lain, sebenarnya sudah mempunyai tugas masing – masing. Hal ini berarti tenaga sanitarian yang ada tidak dapat bekerja secara optimal. Tujuan penelitian  mengetahui kegiatan pelaksanaan klinik sanitasi di Puskesmas 1 Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun 2018.
Metode penelitian deskriptif yaitu mendiskrisikan kegiatan klinik sanitasi di Puskesmas 1 Cilongok, yaitu metode penelitian untuk mengetahui apakah pekerjaan sanitarian sudah optimal, sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas I Cilongok serta mengetahui pelaksanaan kegiatan klinik sanitasi di dalam dan di luar gedung.
Hasil penelitian kegiatan pelaksanaan klinik sanitasi dilihat dari aspek sumber daya manusianya masih belum optimal, karena petugas sanitarian hanya ada satu orang dan memiliki tugas lainnya yang harus dikerjakan, sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas I Cilongok yang ada sudah memenuhi standart, pelaksanaan kegiatan klinik sanitasi di dalam dan di luar gedung belum optimal. Kesimpulan kegiatan pelaksanaan klinik sanitasi belum dapat berjalan maksimal karena kurangnya petugas khususnya petugas sanitarian, sehingga disarankan untuk mengusulkan penambahan tenaga sanitarin.

Daftar bacaan : 13 (2009 – 2017)
Kata kunci      : Klinik Sanitasi, Kesehatan Lingkungan
Klarifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar