Selasa, 25 September 2018

STUDI KEPADATAN LALAT DIPASAR DI DADADI CILACAP KABUPATEN CILACAP TAHUN 2018

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2018

Abstrak
Djumijah (djumijah@gmail.com)
STUDI KEPADATAN LALAT DIPASAR DI DADADI CILACAP KABUPATEN CILACAP TAHUN 2018
xvi + 65 : narasi, gambar, table, lampiran

Keberadaan lalat akan menimbulkan dampak negative bagi kesehatan yaitu dapat menularkan penyakit melalui beberapa bagian tubuh lalat seperti bulu badan, muntahan dan fecesnya. Penyakit yang ditularkan melalui lalat antara lain thipoid fever, parathypoid fever, disentri basiler dan lain-lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi sanitasi, faktor-faktor yang mempengaruhi kepadatan lalat, menghitung kepadatan lalat dan upaya pengndalian lalat di Pasar Sidadadi Cilacap kabupaten Cilacap.
Metode penelitian  deskriptif. Penelitian hanya mendeskripsikan tentang kondisi sanitasi, kepadatan lalat dan upaya pengendalian lalat di Pasar Sidadadi Cilacap. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dalam bentuk table dengan membandingkan hasil pengukuran dengan standar yang ada.
Hasil pengukuran kepadatan lalat di Pasar Sidadadi Cilacap adalah 4 ekor/blok grill, termasuk dalam katagori kepadatan sedang sehingga perlu dilakukan pengamanan terhadap tempat-tempat berbiaknya lalat.
Kesimpulan penelitian ini adalah di Pasar Sidadadi Cilacap diketahuinya kepadatan lalat dalam kategori sedang sehingga perlu diadakan pengendalian lalat. Saran upaya pengendalian lalat yang dapat dilakukan adalah member penutup pada tempat sampah dan tempat sampah yang kedap air

Daftar bacaan : 11 ( 1991-2018)
Kata Kunci     : Kepadatan Lalat, Pasar
Kasifikasi       :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar