Selasa, 25 September 2018

STUDI SISA CHLOR AIR SUMUR GALI YANG MENGGUNAKAN CHLORINE DIFFUSER DI DESA SELABAYA KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2018

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Ani cahyani (anicahyani663@gmail.com)
STUDI SISA CHLOR AIR SUMUR GALI YANG MENGGUNAKAN CHLORINE DIFFUSER DI DESA SELABAYA KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2018
Xvii+51halaman : tabel, gambar, lampiran

Sumur gali merupakan salah satu sumber air bersih yang sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat indonesia. Berdasarkan pemeriksaan bakteriologis pada berbagai macam sumber di Desa Selabaya yang dilakukan di UPTD Laboratorium Kesehatan Kabupaten Purbalingga pada tahun 2017 di dapatkan hasil 240 MPN / 100 ml sampai >2400 MPN / 100 ml dari delapan sumber mata air dan menempati Kelas Kualitas Air Yang Tidak Memenuhi Syarat. Tujuan dari penelitian daya sergap chlor, mengetahui cara pembuatan chlorine diffuser, mengetahui volume air sumur gali, dan mengetahui sisa chlor sesudah pemasangan chlorine diffuser.
Metode penelitian, deskriptif yaitu mendiskripsikan tentang daya sergap chlor di sumur gali, pembuatan chlorine diffuser, volume air sumur gali, dan pengaruh chlorine diffuser terhadap sisa chlor.
Hasil penelitian pengukuran sisa chlor 8 sampel di sumur gali Desa Selabaya Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga dihasilkan rata – rata pada hari pertama 0,3375 mg/l, pengukuran sisa chlor berdasarkan pengukuran sudah memenuhi syarat. Permasalahan yang ditemukan di sumur gali Desa Selabaya yaitu banyaknya sumur yang letaknya berdekatan dengan pembuangan limbah.
Kesimpulan, perhitungan rata – rata daya sergap chlor pada sumur gali yang diperiksa yaitu 0,3 mg/l, pembuatan chlorine diffuser menggunakan pipa pvc yang berukuran 2 inchi dengan panjang 40 cm yang diisi kaporit + pasir dengan perbandingan 1:4, perhitungan volume air sumur yang didapatkan hasil rata – rata volume air sumur yaitu 1,5949041263 m³, dan hasil pengukuran sisa chlor pada hari pertama didapatkan hasil rata – rata sisa chlor yaitu 0,3375 mg/l, pada hari kedua didapatkan hasil rata – rata sisa chlor yaitu 0,2125 mg/l dan hari ketiga didapatkan hasil rata – rata sisa chlor yaitu 0,1375 mg/l. Disarankan kepada masyarakat Desa Selabaya dapat mengganti chlorine diffuser selama tiga hari sekali secara periodik dan harus memperhatikan kaporitnya, kaporit yang dimasukan kedalam chlorine diffuser yaitu 0,83 mg/l .

Daftar bacaan : 16 (1982 – 2018)
Kata kunci      : sumur gali, chlorine diffuser, sisa chlor
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar