Selasa, 25 September 2018

ANGKA KUMAN UDARA RUANGAN PUSKESMAS I KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, 14 Mei 2018

Abstrak
Anita Siti Hanifah (anitaeshanifah@gmail.com)
ANGKA KUMAN UDARA RUANGAN PUSKESMAS I KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018
XVI + 87 halaman : gambar, tabel, lampiran

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. Tujuan penelitian untuk mengetahui jumlah angka kuman udara dan mengetahui kualitas fisik udara (suhu, kelembapan, pencahayaan) di ruangan Puskesmas I Kembaran.
Metode Penelitian observasi dan wawancara dengan menggunakan observasional yaitu memberi gambaran jumlah kuman udara di ruangan Puskesmas I Kembaran yang hasilnya dibandingkan dengan standar Kepmenkes 1204/MENKES/SK/X/2004 Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit.
Hasil pengukuran rata-rata suhu ruangan puskesmas adalah 29,050C, rata-rata kelembapan adalah 80,50%, rata-rata pencahayaan adalah 78,89 lux, rata-rata angka kuman udara adalah 62.333 CFU/m3, dan rata-rata luas ventilasi adalah 10,70% dari luas lantai. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa angka kuman udara di ruang Puskesmas I Kembaran melebihi standar yang telah ditentukan yaitu 200-500 CFU/m3, adapun yang mempengaruhi pertumbuhan angka kuman adalah suhu, kelembapan, dan sistim ventilasi.
Kesimpulan, dari perhitungan angka kuman udara ruangan Puskesmas I Kembaran tidak memenuhi syarat. Saran yang peneliti rekomendasikan dalam upaya pemecahan masalah angka kumana udara dapat dilakukan secara teknis seperti penyempurnaan prosedur pembersihan, pembersihan sistim ventilasi dan melakukan desinfeksi secara rutin 6 bulan sekali sedangkan secara non teknis seperti petugas kebersihan lebih memperhatikan SOP yang berlaku.

Daftar baca : 20 (1981-2017)
Kata kunci  : Puskesmas, angka kuman udara, kualitas fisik udara
Klarifikasi  : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar