Selasa, 25 September 2018

TINJAUAN SANITASI ASRAMA PONDOK PESANTREN AL-FALAH KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2018

                                                                                            Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang
                                                                                             Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Khilyatus Sufianisa (sufiannisa29@gmail.com)
TINJAUAN SANITASI ASRAMA PONDOK PESANTREN AL-FALAH KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2018
XVII + 68 halaman : gambar, table, lampiran

Pondok pesantren adalah yayasan pendidikan islam dengan sistem boarding school (pendidikan bersama), sehingga membentuk komunitas sendiri yang anggotanya terdiri dari para santri, para guru/uztadz dan keluarga pengasuh pesantren. Berdasarkan survei yang peneliti lakukan di Pondok Pesantren Al-Falah ditemukan aspek sanitasi lingkungan yang belum memenuhi syarat. 
Tujuan penelitian: untuk mengetahui keadaan sanitasi di lingkungan pondok pesantren.
Metode penelitian: yang digunakan yaitu deskriptif. Subjek penelitian adalah kondisi sanitasi pondok pesantren yang meliputi sanitasi lingkungan dan bangunan, sanitasi kamar atau ruang, pengelolaan sampah, pengolahan makanan dan minuman, pengendalian vector, keadaan jamban dan kamar mandi, saluran pembuangan air limbah dan kepadatan santri yang menempati satu kamar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan pengukuran. Analisis data yang baerfungsi secara deskriptif untuk menggambarkan kondisi sanitasi pondok pesantren berasal dari hasil penelitian.
Hasil penelitian: lingkungan asrama aman dan nyaman, kondisi bangunan sangat baik dan memenuhi persyaratan; kepadatan hunian santri masih belum memenuhi syarat (0,95 m2/orang) ; penyediaan air bersih cukup baik, sumber air bersih berasal dari mata air dan pendistribusian pada setiap kamar mandi bejalan lancar; pengelolaan makan dan minuman sudah cukup baik,; pengelolaan sampah sudah sangat baik, ada periodik pengosongan sampah pada tempat sampah yaitu pada 1x24 jam pagi hari; pembuangan air limbah kurang baik, semua pembuangan air limbah disalurkan menuju sungai dengan begitu sungai tersebut akan tercemar; pengendalian vektor dan binatang pengganggu cukup baik, pengendalian dilakukan dengan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya sehingga tidak mencemari sanitasi lingkungan.
Kesimpulan: Sanitasi Pondok Pesantren Al-Falah telah memenuhi syarat, termasuk dalam kategori sangat baik. Disarankan untuk memperbaiki langit-langit yang bocor, menambahkan jumlah kamar dan jamban serta diadakannya pembuatan resapan untuk saluran pembuangan air limbah sehingga pencemaran lingkungan berkurang.

Daftar bacaan : 21 (1986-2018)
Kata kunci      : Sanitasi Pondok Pesantren
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar