Selasa, 25 September 2018

KADAR KLORIN PADA MIE SOHUN DI PASAR KEMANTRAN KABUPATEN TEGAL TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Wahyu Nusantara Putri (wahyunusantarap@gmail.com)
KADAR KLORIN PADA MIE SOHUN DI PASAR KEMANTRAN KABUPATEN TEGAL TAHUN 2018
XV + 84 halaman: gambar, tabel, lampiran

Sohun merupakan suatu produk bahan makanan kering yang dibuat dari pati dengan bentuk khas. Pada proses pembuatan sohun menggunakan klorin sebagai bahan pemutih dan masih terdapat sisa kaporit. Efek klorin dalam jangka pendek menyebabkan penyakit maag dan dalam jangka panjang mengakibatkan penyakit kanker hati dan ginjal. Tujuan dari penelitian  kadar klorin pada mie sohun di Pasar Kemantran Kabupaten Tegal.
Metode penelitian pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengukur kadar klorin pada mie sohun di Pasar Kemantran Kabupaten Tegal dan untuk mengetahui tingkat pengetahuan pedagang mie sohun dengan jumlah sampel sebanyak 5 pedagang mie sohun.
Hasil pemeriksaan kadar klorin pada sampel didapatkan 2 sampel mie sohun positif menggunakan klorin yaitu sampel sohun B dengan kadar klorin 0,1 mg/L dan sampel sohun C dengan kadar klorin 0,2 mg/L sedangkan 3 sampel lainnya yaitu sampel sohun A, sampel sohun D, dan sampel sohun E menunjukkan hasil negatif menggunakan klorin. Dan tingkat pengetahuan pedagang mie sohun di Pasar Kemantran Kabupaten Tegal masih buruk.
Kesimpulan menunjukkan 2 sampel mie sohun yang diperiksa positif menggunakan klorin dan 3 sampel mie sohun yang diperiksa negatif menggunakan klorin. Saran kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal untuk meningkatkan pengawasan terhadap penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP) khususnya pada industri-industri makanan dan melakukan pengarahan ataupun penyuluhan terhadap pedagang yang ada di Pasar Kemantran Kabupaten Tegal tentang Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang di perbolehkan maupun tidak di perbolehkan oleh pemerintah.

Daftar Bacaan   :  31 (1937-2016)
Kata Kunci        :  Klorin, Sohun, Pasar
Klasifikasi         :    -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar