Selasa, 25 September 2018

TINJAUAN SANITASI RUMAH PENDERITA TB PARU DI WILAYAH PUSKESMAS II PURWOKERTO UTARA TAHUN 2018

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2018

Abstrak
Tohid
TINJAUAN SANITASI RUMAH PENDERITA TB PARU DI WILAYAH PUSKESMAS II PURWOKERTO UTARA TAHUN 2018
xii+55 hlm : tabel

Penyakit Tuberkulosis paru (TB Paru) merupakan salah satu penyakit berbasis lingkungan yang masih menjadi masalah utama kesehatan masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Tuberkulosis paru adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, TB Paru menjadi penyebab kematian ketiga setelah penyakit kardiovaskuler dan penyakit saluran pernapasan.
Kasus TB Paru di wilayah kerja Puskesmas II Purwokerto Utara tahun 2016 memiliki jumlah kasus sebanyak 13 kasus dan pada tahun 2017 menurun menjadi 12 kasus, meskipun terjadi penurunan kasus TB Paru, tetapi jumlahnya masih cenderung tinggi. Berdasarkan uraian tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian mengetahui kondisi sanitasi rumah penderita TB Pari di wilayah kerja Puskesmas II Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas.
Metode  deskriptif, dengan instrumen berupa lembar observasi dan meteran untuk mendapatkan data kondisi fisik rumah yang meliputi kondisi lantai rumah, kondisi ventilasi rumah dan kondisi kepadatan hunian rumah.
Hasil kondisi lantai rumah 7 rumah memenuhi syarat dan 5 rumah belum memenuhi syarat. Sedangkan untuk kondisi ventilasi rumah terdapat 2 rumah memenuhi syarat dan 10 rumah tidak memenuhi syarat. Sedangkan kondisi kepadatan hunian rumah terdapat 4 rumah memenuhi syarat dan 8 rumah belum memenuhi syarat. Hasil diatas diharapkan agar pihak Puskesmas lebih aktif dalam melakukan penyuluhan masalah kesehatan lingkungan khususnya dalam persyaratan rumah sehat sehingga dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Daftar bacaan : 35 (1989-2015)
Kata Kunci     : Tuberkulosis, Sanitasi Rumah
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar