Selasa, 25 September 2018

STUDI ANGKA KUMAN UDARA RUANGAN DI PUSKESMAS 1 PURWOKERTO UTARA TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Fitri Setyaningsih (Fitrisetiyangingsih4@gmil.com)
STUDI ANGKA KUMAN UDARA RUANGAN DI PUSKESMAS 1 PURWOKERTO UTARA TAHUN 2018
Xvii+96 halaman : tabel, gambar, lampiran

Pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promontif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. Tujuan penelitian megukur parameter fisik udara (suhu,kelembapan, pencahayaan), mendeskripsikan sarana sanitasi dan sarana prasarana bangunan , mendeskripsikan aktifitas pada Ruangan, dan mengukur jumlah angka kuman udara.
Metode peneltian deskriptif observasional yang bertujuan untuk mengetahui jumlah kuman pada Ruangan di Puskesmas I Purwokerto Utara .
Hasil penelitian bahwa parameter suhu udara di Puskesmas 1 Purwokerto utara pada Ruang Poli gigi, Poli Lansia, Pemeriksaan Umum, Gizi dan MTBS masih ada yang belum memenuhi Syarat. rata-rata suhu ruangan 280C, Kelembapan rata-rata 45,75%, Pencahayaan rata-rata 867,5Lux, dan angka kuman udara rata-rata 285.555 CFU/m3. Sarana sanitasi yang terdapat pada ruangan seperti lantai, dinding, langit-langit, Ac.
Kesimpulan Kondisi fisik lingkungan berupa suhu, kelembapan pencahayaan, belum memenuhi syarat. Peneliti menyarankan untuk melakukan pemeriksaan angka kuman udara secara berkala dan melakukan pengendalian angka kuman udara menggunakan alat UV countinue serta pelaksaan pengepelan (dusting) dengan menngunakan desinfektan yang intensif.

Daftar bacaan : 19 (1980 – 2017)
Kata kunci      : Angka Kuman, udara, Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi      :   -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar