Selasa, 25 September 2018

TINJAUAN SANITASI RUMAH SUSUN TEGALKAMULYAN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018
Abstrak
Tio Pangestu ( tiopsngestu@gmail.com )
TINJAUAN SANITASI RUMAH SUSUN TEGALKAMULYAN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2018
xv+ 82 halaman : Lampiran, tabel, gambar

Rumah susun adalah bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan, yang terbagi dalam bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional dalam arah horizontal maupun vertikal. Konsep pembangunan rumah susun yaitu bangunan bertingkat yang dapat dihuni bersama, dimana unit dalam bangunan dapat digunakan secara terpisah, terutama untuk tempat hunian yag dilengkapi dengan bagian bersama,benda-bend bersama,tanah bersama. Tujuan Penilitian adalah untuk mengetahui sanitasi Rumah Susun Tegalkamulyan Kabupaten Cilacap tahun 2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan cara observasi, pengukuran, wawancara serta studi kepustakaan untuk memperoleh gambaran umum tentang kondisi sanitasi Rumah susun Tegalkamulyan Kabupaten Cilacap. Subyek penelitian Rumah susun Tegalkamulyan Kabupaten Cilacap dengan sampel sebanyal 48 ruang hunian.
Hasil penelitian, secara umum kondisi sanitasi rumah susun Tegalkamulyan termasuk dalam kategori memenuhi syarat dengan nilai rata-rata 83,37% dengan rincian kondisi fisik bangunan 80,50 % memenuhui syarat,pengolahan air limbah 75% memenuhui syarat,pengelolaaan sampah 82,35% memenuhui syarat,kondisi kamar mand dan jamban 100 % memenuhui syarat,kondisi air minum dan air bersih 88,89% memenuhui syarat,pengendalian vektor 83,32% memenuhui syarat,suhu 91,66% memenuhui syarat,kelembaban 79,16% memenuhui syarat,pencahayaan 80,33% memenuhui syarat,kepadatan penduduk 33,33% tidak memenuhui syarat dan fasilitas sarana penunjang 100% memenuhui syarat.
Kesimpulan penelitian adalah secara umum kondisi sanitasi rumah susun Tegalkamulyan kabupaten cilacap telah memenuhi syarat, namun ada beberapa aspek yang belum sesuai dengan standar kesehatan yaitu kepadatan penduduk sebanyak 66,67 % tidak memenuhi syarat. Disarankan sebaiknya pihak Rumah susun melakukan pengawasan dan pemerintah bagian Unit Pelaksana Teknis Daerah secara rutin melakukan inspeksi rumah sehat dan memberikan penyuluhan pada penghuni rumah susun.

Daftar Bacaan : 15 ( 1990-2018 )
Kata Kunci      : Sanitasi, Rumah susun
Klasifikasi       : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar