Selasa, 25 September 2018

TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH DI PASAR WAGE PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018

Kementrian kesehatan republik indonesia
Politeknik kesehatan kemenkes semarang
Jurusan kesehatan lingkungan purwokerto
Program Studi diploma III kesehatan lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, mei 2018

Abstrak
Tugi Yuliana (tugiyuliana@gmail.com)
TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH DI PASAR WAGE PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018
Xvi+70 halaman : tabel, gambar, lampiran

Pasar merupakan tempat untuk melakukan aktifitas transaksi antara penjual dan pembeli. Pasar selalu menghasilkan sampah dengan jumlah yang banyak, sehingga sampah harus dikelola sebaik mungkin supaya tidak menimbulkan dampak negatif terhadap masyarakat yang ada di pasar maupun di lingkungan. Dampak yang dapat terjadi antara lain lingkungan menjadi kotor, dan terjadinya penularan penyakit. Tujuan penelitian mengetahui apakah pengelolaan sampah di Pasar Wage Purwokerto tahun 2018 sudah baik.
Metode penelitian deskriptif, yaitu mendiskripsikan tentang pengelolaan sampah di Pasar Wage Purwokerto, mulai dari tahap penimbulan sampai dengan pengangkutan sampah.
Hasil penelitian  pengelolaan sampah di Pasar Wage Purwokerto bersumber dari aktifitas penjual dan pengunjung pasar, untuk pewadahan sampah yang dilakukan oleh masing-masing pedagang menggunakan keranjang sampah. Pengumpulan sampah yang ada di Pasar Wage Purwokerto dukumpulkan dalam Tempat Pembuangan Sementara (TPS), sedangkan pengangkutan sampah yang dilakukan di Pasar Wage Purwokerto diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas. Berdasarkan hasil ceklis penilaian, Pasar Wage Purwokerto termasuk dalam kategori cukup yaitu 65,38%.
Kesimpulan sistem pengelolaan sampah di Pasar Wage Purwokerto masuk dalam kategori cukup, mulai dari penimbulan sampah sampai dengan pengangkutan sampah. Saran bagi pihak pengelola pasar yaitu lebih meningkatkan pengawasan, dan penyediaan sarana pewadahan sampah yang belum memenuhi syarat.

Daftar bacaan :  16 (1982 – 2018)
Kata kunci      :  sampah pasar, Pasar Wage, Purwokerto
Klasifikasi      :   -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar