Selasa, 25 September 2018

PENGELOLAAN LIMBAH PADAT MEDIS DI RSUD AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
AchmadRamelan
PENGELOLAAN LIMBAH PADAT MEDIS DI RSUD AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017
xv+ 46Halaman : 8Gambar,10Tabel + 3 Lampiran

Limbah padat medis adalah limbah yang terdiri dari limbah infeksius, limbah patologi, limbah benda tajam, limbah farmasi, limbah kimiawi, limbah radioaktif dan limbah dengan kandungan logam yang tinggi. Untuk menunjang pelayanan medis bagi pasien di rumah sakit perlu adanya pengelolaan limbah padat medis yang baik dan memenuh isyarat sanitasi. Tujuan Penelitian untuk mengetahui sejauh mana sistem pengelolaan limbah padat medis di Rumah Sakit Umum Daerah AjibarangTahun 2017. 
Metode Penelitian deskriptif, data primer diperoleh dengan menggunakan metodaobservasi serta wawancara kepada pihak yang berhubungan dengan petugas pengelola limbah padat medis. Data sekunder diperoleh dari informasi yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang Kabupaten Banyumas. 
Hasil pengamatan terhadap sistem pengelolaan limbah padat medis Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang Kabupaten Banyumas diperoleh hasil persentasi pengamatan yaitu lebih dari 75%. Penerapan sistem pengelolaan limbah padat medis yang belum terlaksana dengan baik seperti tidak beroperasinya insenerator di Rumah SakitUmum Daerah Ajibarang Kabupaten Banyumas dan terjadinya penumpukan limbah medis sampai over kapasitas pada tempat penampungan sementara.
Kesimpulan bahwa sistem pengelolaan limbah padat medis di Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, maka di sarankan kepada pihak Rumah Sakit sebaiknya lebih menerapkan dan meningkatkan sistem pengelolaan limbah padat medis yang memenuhi syarat sanitasi dengan komitmen bersama pihak terkait.

Daftarbacaan : 10 (1996 – 2012 )
Kata Kunci    : Pengelolaan Limbah Padat Medis
Klasifikasi     : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar