Selasa, 25 September 2018

STUDI PENGELOLAAN LIMBAH CAIR PABRIK KARET PTPN IX KEBUN SILUWOK KABUPATEN BATANG TAHUN 2018

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Elisa Dhani Saputri (elisadhanisaputri.eds@gmail.com)
STUDI PENGELOLAAN LIMBAH CAIR PABRIK KARET PTPN IX KEBUN SILUWOK KABUPATEN BATANG TAHUN 2018
xvi + 105 halaman : gambar, tabel, lampiran

PTPN IX Kebun Siluwok merupakan pabrik karet yang dalam melaksanakan proses kerjanya secara umum menghasilkan limbah cair yang mengandung senyawa organik yang tinggi. Adanya bahan-bahan organik tersebut secara menyebabkan diantaranya nilai BOD (Biochemical Oxygent Demand) dan COD (Chemical Oxygent Demand) pada limbah cair industri karet pada umumnya menjadi tinggi. Apabila kualitas limbah cair yang dibuang ke badan air tidak memenuhi syarat, dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengelolaan limbah cair pabrik karet di PTPN IX Kebun Siluwok.  
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan crosssectional. Penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan proses pengelolaan limbah cair di PTPN IX Kebun Siluwok, melakukan pengukuran parameter air limbah yang meliputi TSS, pH, Ammonia (NH3 - N), BOD5, dan COD.
Hasil penelitian didapatkan proses kerja Pabrik Karet PTPN IX Siluwok yaitu sadap, pra koagulasi, pembekuan, penggilingan lateks dan pencucian, pengasapan dan pengeringan. Air limbah berasal dari proses pembekuan, penggilingan lateks dan pencucian. Cara Penyaluran dan Pengumpulan limbah cair dengan menggunakan sistem tercampur (menurut asal airnya), sistem gravitasi (menurut pengalirannya), sistem saluran tertutup. Sistem pengolahan limbah cair PTPN IX Kebun Siluwok meliputi pengolahan fisik dan biologis yaitu preliminary treatment (bak trapping) dan secondary treatment (aerob dan anaerob). Hasil Pemeriksaan Sampel bulan April 2018, hanya parameter Ammonia yang tidak memenuhi persyaratan Perda Jateng no. 5 tahun 2012 tentang baku mutu air limbah. Pemeliharaan rutin dilakukan setiap satu bulan sekali yaitu dengan cara membersihkan sisa karet yang mengapung di unit IPAL.
Kesimpulan penelitian ini adalah PTPN IX Kebun Siluwok sudah melakukan pengelolaan terhadap limbah cair. Disarankan PTPN IX Kebun Siluwok melakukan penurunan kadar ammonia dengan menggunakan khlor, tekhnik biofilter arang aktif atau ammonia stripping serta melakukan pemeliharaan bak aerob dan aerob dengan membersihkan lumpur yang mengering. Disarankan juga melakukan pemeliharaan IPAL secara berkala karena kualitas hasil limbah dapat berubah setiap waktu. Pihak Pemerintah bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Perindustrian rutin dan berkala melakukan pengawasan dan pembinaan, serta mengadakan pelatihan pengelolaan limbah cair.

Daftar Bacaan   : 40 (1976-2018)
Kata Kunci        : IPAL, Pengelolaan IPAL, IPAL pabrik karet
Klasifikasi         : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar