Selasa, 25 September 2018

GAMBARAN PERILAKU KESEHATAN LINGKUNGAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR NGESREP 03 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

ABSTRAK
Hastuti Setyaningsih (setyaningsihhastuti@gmail.com)
GAMBARAN PERILAKU KESEHATAN LINGKUNGAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR NGESREP 03 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN 2018
xv+62 halaman: 2 gambar, 23 tabel,5 lampiran

Latar belakang dan tujuan: Perilaku kesehatan lingkungan yang buruk berdampak pada proses belajar bagi anak sekolah,diantaranya yaitu suasana belajar yang tidak mendukung karena lingkungan sekolah kotor, menurunnya semangat prestasi belajar serta menurunnya citra sekolah di masyarakat. Tujuan Penelitian gambaran perilaku kesehatan lingkungan pada anak Sekolah Dasar Ngesrep 03 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang.
Metode Penelitian  dilakukan pada bulan Mei 2018 dengan populasi seluruh siswa Sekolah Dasar Ngesrep 03 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, menggunakan metode Purposive Sampling.
Hasil penelitian menunjukan 56% responden berjenis kelamin laki-laki, 54% responden perempuan. 94% responden tidak mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir, 81% responden memiliki kebiasaan jajan di kantin sekolah, 96% menggunakan jamban, 52,4% memeriksa jentik nyamuk di sekolah, 100% anak tidak merokok, 83,3% membuang sampah pada tempatnya. 73,8% memiliki nilai perilaku kesehatan lingkungan dalam kategori cukup, 1,2% responden memiliki nilai perilaku kesehatan lingkungan dalam kategori baik, dan 25% lainnya memiliki nilai perilaku kesehatan lingkungan yang buruk.
Kesimpulan perilaku kesehatan lingkungan pada anak Sekolah Dasar Ngesrep 03 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang memiliki nilai cukup. Saran untuk warga sekolah, bagi guru agar dapat dalam melaksanakan kebiasaan memelihara dan meningkatkan Perilaku Kesehatan lingkungan di sekolah melalui informasi, motivasi dan reward, konseling, instruksi serta menjadi rolle model bagi warga sekolah lainnya, bagi anak sekolah disarankan untuk meningkatkan praktek perilaku kesehatan lingkungan. Bagi petugas kesehatan disarankan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan perilaku kesehatan lingkungan.

Daftar Bacaan : 15 (1979 – 2015)
Kata kunci       : Perilaku Kesehatan Lingkungan, Sekolah, Semarang
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar