Selasa, 25 September 2018

STUDI KANDUNGAN BAKTERI E.COLI PADA KUE JAJANAN DI PASAR NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP TAHUN 2018

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi D III Kesehatan Lingkungan
KaryaTulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Suwarto (warta20468@gmail.com)
STUDI KANDUNGAN BAKTERI E.COLI PADA KUE JAJANAN DI PASAR NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP TAHUN 2018
XVl + 69 halaman : gambar, tabel, lampiran

Mikrobiologi bakteri Escherechia coli dipilih sebagai indikator tercemarnya air atau makanan karena keberadaan bakteri Escherechia coli dalam sumber air atau makanan merupakan indikator terjadinya kontaminasi tinja manusia. Kue Jajanan yang dijual dapat terkontaminasi oleh bakteri Escherechia coli karena proses penjualan dekat dengan jalan raya. Tujuan penelitian mengetahui ada tidaknya bakteri Escherechia coli pada kue cucur, dadar gulung, putu ayu dan carabika.
Metode penelitian deskriptif, dengan cara pengambilan sampel dan pemeriksaan secara laboratorium yang kemudian hasilnya di bandingkan dengan BPOM RI tanggal 28 Oktober 2009 tentang batas cemaran mikroba dan kimia pada makanan. Hasil penelitian ini di dapatkan empat sampel yang positif bakteri Escherechia coli memiliki jumlah>240 MPN/ml yang melebihi standart cemaran mikroba pada makanan. atau tidak memenuhi syarat dan empat sampel negatif bakteri Escherechia coli.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan Aspek penilaian tempat pengolahan kue jajanan pada checklist di dapatkan hasil 58 % kategori cukup baik, semuanya masih memenuhi syarat hygiene tempat pengolahan makanan. Saran yang dapat diberikan yaitu bagi penjamah sebaiknya lebih memperhatikan aspek dalam pengolahan, bagi pengelola pasar sebaiknya membina dan mengawasi pedagang kue jajanan, bagi Dinas Kesehatan sebaiknya melakukan pengawasan secara rutin dan penyediakan penyuuluhan dan pelatihan untuk penjamah.

Daftarbacaan : 17 (1998-2018)
Kata kunci     : Bakteri Escherichia coli dan kue jajanan
Klasifikasi     : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar