Selasa, 25 September 2018

Studi Kualitas Fisik Udara di Puskesmas Bulakamba Kabupaten Brebes

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2018

Abstrak
Endah Puspowati (endahpuspowati@gmail.com)
Studi Kualitas Fisik Udara di Puskesmas Bulakamba Kabupaten Brebes
xvi + 62 halaman : tabel, gambar, lampiran

Kualitas udara dalam ruang sangat mempengaruhi manusia karena sebagian besar manusia menghabiskan 85-90% waktunya di dalam ruang. Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan tingkat pertama. Keberadaan puskesmas yang dekat dan terjangkau menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk mendapatkan solusi masalah kesehatan. Puskesmas Bulakamba merupakan salah satu Puskesmas perawatan yang ada di Kabupaten Brebes. Tujuan penelitian mengetahui kondisi kualitas fisik udara di Puskesmas Bulakamba.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode crosssectional, cara pengumpulan datanya dengan cara observasi, dan pengukuran. Pengukuran dilakuakan di ruang rawat jalan, ruang rawat inap dan ruang administrasi. Analisis yang dipakai adalah analisis tabel dengan perhitungan sesuai dengan perhitungan kebisingan, pencahayaan, suhu, dan kelembapan sinambung setara, kemudian dibandingkan dengan nilai ambang batas yang ditetapkan oleh KepMenKes RI No.1204/Menkes/SK/X/2004.
Hasil pengukuran rata-rata intensitas kebisingan di ruang rawat jalan 62,66dBA, di ruang rawat inap 59,78 dB, dan ruang administrasi 54,71 dBA tidak memenuhi standar. Hasil pengukuran rata-rata pencahayaan di ruang rawat jalan 77,31 lux dan di ruang rawat inap 45,62 lux memenuhi standar, sedangkan ruang administrasi 472,76 lux tidak memenuhi standar. Hasil pengukuran rata-rata suhu di ruang rawat jalan 30,27oC, di ruang rawat inap 30,92oC, dan ruang administrasi 30,6 oC tidak memenuhi standar. Hasil pengukuran rata-rataintensitas kelembapan di ruang rawat jalan 57,75 %, di ruang rawatinap 55,5 %, dan ruang administrasi 54,0 % sudah memenuhi standar
Terdapat tiga ruang yang tidak memenuhi standar pada pengukuran kebisingan dan suhu di Puskesmas Bulakamba. Pada pengukuran pencahayaan yang dilakukan di Pukesmas Bulakamba ada dua ruang yang memenuhi standar. Pada pengukuran kelembapan menunjukan hasil yang memenuhi standar kesehatan. Saran bagi Puskesmas Bulakamba melakukan kerjasama dengan dinas terkait dalam pemantauan paparan kebisingan secara berkala. Memberikan pengetahuan pada semua karyawan akan pentingnnya kualitas fisik udara bagi kesehatan dan dampaknya.

Daftar bacaan :  12 (2002 – 2017)
Kata kunci      :   Kualitas Fisik Udara, Kebisingan, Kelembapan, Suhu, PencahayaanPencemaran      
                           udara
Klasifikasi      :   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar